My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kendari Bangun Kebun Bibit Rumput Laut

14 November
10:41 2010

Petani Rumput Laut

Kendari – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun ini membangun kebun bibit rumput laut yang berlokasi di Kelurahan Sambuli, Kecamatan Abeli.

“Untuk pertama kalinya kami membangun satu paket kebun bibit rumput laut yang terletak di kelurahan Sambuli dengan total anggaran Rp20 juta,” kata kepala DKP Kota Kendari, Agusalim, di Kendari, Minggu (14/11).

Ia mengatakan, pembangunan kebun bibit rumput laut tersebut dikelola oleh masyarakat pesisir melalui Kelompok Teporombu yang ada di Kelurahan Sambuli.

Menurut Agusalim, tujuan dari pembangunan kebun bibit rumput laut ini guna meningkatkan kapasitas usaha budidaya laut khususnya budidaya rumput laut di Kota Kendari yang semakin hari semakin digeluti oleh masyarakat tani nelayan.

“Selama ini permintaan masyarakat akan ketersediaan bibit rumput laut sangat tinggi, sehingga inilah yang mendorong pemerintah untuk membangun kebun bibit tersebut,” kata Agus Salim.

Kata dia, bibit rumput laut yang dihasilkan kebun bibit rumput laut ini dijamin kualitasnya, dibanding bibit rumput laut gelondongan yang dibuat sendiri oleh nelayan budidaya.

“Untuk sementara, kebutuhan untuk bibit rumput laut terhadap masyarakat pembudidayaan cukup tersedia, harapan kita, produksi mereka bisa lebih meningkat sehingga tingkat kehidupan ekonominya ikut meningkat,” katanya.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS