My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Keberhasilan Program Rehabilitasi Karang di Bali Masuk Kategori Rendah

09 September
13:42 2010

Terumbu Karang

Sanur – Hasil kajian Lembaga Penelitian Trumbu Karang Reef Check Indonesia menunjukkan tingkat keberhasilan program rehabilitasi karang di Bali masih masuk dalam kategori rendah.

Penilaian kategori rendah bagi tingkat keberhasilan program rehabilitasi trumbu karang tersebut didasarkan pada alasan bahwa hampir 50 persen program rehabilitasi trumbu karang Bali mengalami kegagalan. Kondisi ini terjadi karena program rehabilitasi karang masih dilakukan secara ceremonial atau bersifat project dan tidak berkelanjutan.

Peneliti Kelautan Reef Check Indonesia Naneng Setiasih mengatakan rendahnya tingkat keberhasilan program rehabilitasi trumbu karang di Bali karena rata-rata program rehabilitasi yang dikembangkan paling lama hanya dalam jangka waktu satu tahun.

“di banyak tempat banyak dilakukan hanya berdasarkan proyek, kalau tidak ada proyek tidak ada keberlanjutan” papar Naneng Setiasih kepada Indosmarin.com, Kamis (9/9)

Naneng Setiasih menyebutkan keberhasilan program transplantasi atau penanaman karang di Bali juga cukup rendah. Kondisi terjadi karena pengembangan program transplantasi tidak diawali dengan dukungan penelitian awal seperti penelitian kualitas air laut dan arus air laut.(Mul)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS