My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kasal: Kerjasama Maritim se-Kawasan Cegah Konflik

11 Desember
12:03 2008
Kasal: Kerjasama Maritim se-Kawasan Cegah Konflik

Ira Syofyanti– indosmarin.com
Jakarta
– Kerjasama keamanan maritim antar negara dalam satu kawasan menjadi sangat tepat dan strategis, karena selain mencegah konflik maritim antar negara tetangga, juga sebagai jaminan keamanan terhadap lalu lintas perdagangan barang dan jasa. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, dalam Seminar Keamanan Maritim di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Jakarta, Kamis (11/12).

Menurut Tedjo Edhy, saat ini Angkatan Laut regional Asia telah menunjukkan keinginan dalam membangun keamanan maritim bersama. Dengan menggunakan pola rasa saling percaya atau Confidence Building Measure (CBM) dan tanpa ada persetujuan aktivitas militer, sebagaimana telah dibangun di kawasan Asia Pasifik.

”Konsep ini menjadi pilihan di banyak negara se-kawasan, karena didasarkan pada asumsi bahwa keamanan unilateral tidak akan bertahan lama dan semakin disadari bahwa kepentingan dari keamanan bersama adalah untuk mereduksi serta meredam peningkatan kompetisi antar kepentingan dari masing-masing negara”, ujar Tedjo Edhy.

Selain Kasal, hadir pula empat orang pembicara lainnya yakni Laksamana Muda TNI (Purn) Robert Mangindaan, DR. Edi Prasetyono, DR. Kusnanto Anggoro dan Melda Karim, SH, LLM(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS