My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KASAL: Indonesia Harus Membangun Jati Diri Sebagai Bangsa Maritim

25 Februari
13:59 2009
KASAL: Indonesia Harus Membangun Jati Diri Sebagai Bangsa Maritim

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno menegaskan perlunya bangsa Indonesia membangun kembali jati diri sebagai bangsa maritim. Hal ini perlu dilakukan mengingat selama ini bangsa Indonesia telah terjebak dalam bingkai sebagai bangsa agraris, demikian disampaikan KASAL, dalam seminar nasional “Membangun Kejayaan Maritim Indonesia” di  Hotel Nikko Jakarta, Rabu (25/2).

Menurut Tedjo Edhy, pembangunan yang selama ini berwawasan daratan lebih merupakan produk kolonial yang berupaya untuk membuat bangsa tidak berani menerima tantangan dan kurang dinamis.

Selanjutnya Tedjo Edhy menegaskan pembangunan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa Maritim, sesuai dengan visi maritim salah satu pendiri negara, Ir. Soekarno.

Sebagai bapak pendiri bangsa Bung Karno menginginkan Bangsa Indonesia tumbuh dan hidup menjadi bangsa pelaut yang memiliki armada militer dan armada niaga yang mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dan negara.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa saat ini potensi ekonomi kelautan Indonesia mencapai ratusan trilyun rupiah pertahun, namun masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal karena beberapa faktor dasar utama seperti masih rendahnya visi kelautan bangsa Indonesia yang disebabkan karena rendahnya tingkat kehidupan dan pendidikan masyarakat.

“Pembangunan yang bersifat continental atau land base orientation dan menganggap laut sebagai halaman belakang juga menjadi salah satu sebab kenapa bangsa Indonesia tidak maju.” tegas Tedjo Edhy.

Menurutnya,perlu segera diadakan kebijakan dan aturan perundang-undangan tentang kelautan (ocean policy) secara menyeluruh, yang bertujuan untuk memiliki rasa persatuan yang kokoh sebagai negara kepulauan, wawasan maritim, karakter dan jiwa bahari yang kokoh, kepemimpinan nasional dan pola pendidikan yang fokus pada sektor kelautan serta sistem pertahanan dan keamanan yang sesuai dengan kondisi geografi negara kepulauan.(Gen)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS