My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

KASAL Dijadwalkan Resmikan Monumen ALRI di Pariaman

 Breaking News
05 Januari
16:44 2017
KASAL Dijadwalkan Resmikan Monumen ALRI di Pariaman

Pariaman – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, pada Maret 2017 mendatang dijadwalkan akan meresmikan monumen Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) di Kota Pariaman, Sumatera Barat.  ALRI adalah nama organisasi cikal bakal TNI AL.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman di Pariaman, Kamis, menyebutkan pemerintah setempat telah berkoordinasi dengan Komandan Pangkalan Utama TNI AL II/Padang tentang hal ini.

Pemerintah daerah menilai, jika peresmian Tugu ALRI ini jadi dilaksanakan maka semakin memperkuat nilai sejarah wilayah pesisir Sumatera Barat, khususnya Kota Pariaman karena pernah menjadi pusat Angkatan Laut Republik Indonesia pada 1948.

Selain itu pemerintah daerah juga telah mengirimkan permintaan tiga unit tank amfibi lama dan meriam lama yang dihibahkan TNI AL untuk mendukung nilai sejarah monumen itu.

“Setelah diresmikan Tugu ALRI diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke Kota Pariaman,” tambahnya.

Komandan Pangkalan TNI AL II/Padang, Laksamana Pertama TNI Rudwin Thalib, mengapresiasi pemerintah daerah atas pembangunan Tugu ALRI yang dinilai telah berupaya menghidupkan kembali sejarah bangsa saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia  pada 1948.

“Kami sangat berterima kasih sekaligus mengapresiasi pembangunan tugu ALRI yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka melestarikan sejarah TNI AL di perairan Kota Pariaman,” ujarnya.

Pihaknya juga berjanji akan membantu pemerintah daerah terkait permintaan tank Amfibi dan meriam sebagai sarana prasarana pendukung. Untuk pembangunan Tugu ALRI tersebut, pemerintah daerah menghabiskan biaya mencapai Rp800 juta yang bersumberkan APBD 2016.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *