My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapten Kapal Taiwan Tewas Dalam Bentrokan Perompak-AL Amerika

30 Mei
01:59 2011
Kapten Kapal Taiwan Tewas Dalam Bentrokan Perompak-AL Amerika

Jih-chun Tsai 68

Taipeh – Pemerintah Taiwan Minggu (29/5) mengumumkan keprihatinannya atas tewasnya Kapten kapal Taiwan dalam tembak-menembak antara pasukan Angkatan Laut AS dan perompak Somalia.

Kapal nelayan Jih-chun Tsai 68 dengan berat 80 ton, yang diawaki oleh 10 orang Indonesia dan Kapten Wu Lai-yu, dibajak pada Maret 2010 ketika sedang berlayar di perairan lepas pantai Somalia.

Menurut Kementrian Luar Negeri Taiwan, Wu tewas bulan ini dalam tembak-menembak antara perompak dan pasukan di kapal perang USS Stephen W. Groves ketika perompak menggunakan kapal nelayan itu untuk melancarkan serangan dimana akhirnya kapal nelayan itu tenggelam dan tiga perompak tewas.

“Kami mengungkapkan keprihatinan kepada AS,” kata juru bicara kementerian itu Steve Shia kepada AFP, Minggu.

“Kami juga meminta Lembaga Amerika di Taiwan memberikan laporan penyelidikan mengenai insiden tersebut,” katanya, menunjuk pada kedutaan besar de fakto AS di Taipeh.

Keluarga Wu melakukan negosiasi dengan perompak bagi pembebasannya, namun belum ada kesepakatan yang dicapai mengenai uang tebusan. Sepuluh orang awak Indonesia dibebaskan pada Maret namun belum jelas apakah pemilik kapal itu membayar uang tebusan bagi pembebasan tersebut.

Perompakan merajalela di lepas pantai Somalia, yang mengacaukan jalur pelayaran antara Eropa dan Asia, membuat awak dan kapal terancam bahaya serta mendorong beaya asuransi bagi perusahaan perkapalan.

PBB memperingatkan, perompak Somalia menjadi semakin berani dan tetap mendahului pasukan angkatan laut internasional yang berusaha mengakhiri pembajakan di kawasan perairan itu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *