My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Yunani Dibajak Perompak Somalia

18 Januari
07:15 2011

Bajak Laut Somalia

Bosasso, Somalia – Satuan tugas anti perompakan Uni Eropa (EU Navor), Senin (17/1) mengatakan bahwa perompak Somalia membajak sebuah kapal Yunani sekitar 500 mil sebelah baratdaya Oman dan membebaskan kapal Yunani lain yang mereka tahan sejak Juli.

“MV Eagle diserang dan dibajak oleh satu kapal dengan sejumlah perompak yang melepaskan tembakan senjata ringan dan granat roket sebelum mereka menaiki kapal Yunani itu,” kata EU Navfor di situs beritanya.

Kapal dagang seberat 52.163 ton dengan awak 24 orang Filipina itu sedang dalam perjalanan menuju India dari Yordania ketika dibajak pada Senin dini hari.

Perompakan telah merugikan ekonomi global antara tujuh dan 12 milyar dolar setahun, menurut sebuah laporan yang disiarkan pekan lalu, dan perompakan Somalia secara khusus telah mendorong beaya perkapalan di Lautan India.

EU Navfor juga melaporkan, perompak membebaskan kapal MV Motivator yang berbendera Kepulauan Marshall dan awaknya yang terdiri dari 18 orang Filipina pada Minggu (16/1), dan perusahaan Yunani pemilik kapal minyak seberat 13.065 ton itu yakin awak kapal dalam keadaan baik.

Seorang perompak yang mengidentifikasi dirinya sebagai Farah mengatakan kepada Reuters melalui telepon, uang tebusan telah dibayar bagi pembebasan MV Motivator.

Perompakan meraja-lela di lepas pantai Somalia, yang mengacaukan jalur pelayaran antara Eropa dan Asia, membuat awak dan kapal terancam bahaya serta mendorong beaya asuransi bagi perusahaan perkapalan.

PBB memperingatkan, perompak Somalia menjadi semakin berani dan tetap mendahului pasukan angkatan laut internasional yang berusaha mengakhiri pembajakan di kawasan perairan itu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS