My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Perang AS Dekati Kepulauan yang Diklaim Tiongkok

 Breaking News
27 Oktober
11:37 2015
Kapal Perang AS Dekati Kepulauan yang Diklaim Tiongkok

Washington – Sebuah destroyer Angkatan Laut Amerika Serikat berlayar dalam jarak 12 mil laut dari kepulauan buatan milik Tiongkok yang dibangun di Laut Tiongkok Selatan.

USS Lassen berlayar di perairan yang mengelilingi paling tidak sebuah pulau buatan yang diklaim Tiongkok di Kepulauan Spratly yang dipersengketakan banyak negara, Selasa waktu setempat, kata pejabat departemen pertahanan AS kepada AFP.

“Kami tengah menggelar operasi rutin di Laut Tiongkok Selatan sesuai dengan hukum internasional,” sambung sang pejabat. “Pasukan AS beroperasi di kawasan Asia Pasifik dalam basis harian, termasuk di Laut Tiongkok Selatan.”

Si pejabat menegaskan bahwa operasi ini berbeda dari masalah kedaulatan menyangkut kepulauan-kepulauan itu.
Beijing menandaskan berdaulat di hampir seluruh Laut Tiongkok Selatan, bahkan perairan-perairan dekat pantai beberapa negara.

“Kami jelas tidak dalam posisi bersaing dalam klaim kedaulatan teritorial terhadap daratan di Laut Tiongkok Selatan,” kata pejabat AS tadi. “Kami akan terbang, berlayar dan beroperasi di mana pun di dunia sesuai hukum internasional.”

Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam, serta Taiwan, juga mengklaim berdaulat di kepulauan di Laut Tiongkok Selatan itu, demikian AFP.(AntaraNews.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS