My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Penangkap Ikan Yaman Dibajak Perompak Somalia

29 Mei
16:59 2010
Kapal Penangkap Ikan Yaman Dibajak Perompak Somalia

Dubai – Sebuah kapal penangkap ikan berbendera Yaman, dikabarkan telah dibajak sekelompok orang bersenjata yang diperkirakan merupakan anggota perompak Somalia. Begitu berhasil menguasai kapal ikan ini, mereka pun membawa dan mengarahkan kapal ikan ini ke laut lepas. Sejumlah pengamat menduga jika kapal ikan ini akan digunakan untuk melakukan serangan terhadap kapal lainnya.

Penjaga pantai Yaman mengatakan, perompak Somalia menangkap kapal penangkap ikan itu beserta sembilan Anak Buah Kapal (ABK) di lepas pantai selatan Yaman disaat kapal tersebut sedang menuju ke pelabuhan Mukalla.

“perompak membajak kapal itu di 130 mil laut di selatan pulau Socotra,” ujar pejabat kementerian dalam negeri Yaman yang tidak disebutkan namanya itu.

“Mereka tidak menuju ke pantai Somalia, yang berarti mungkin perompak akan menggunakan kapal itu untuk menyerang kapal niaga yang melewati pulau Socotra.” imbuhnya lagi.

Satuan tugas angkatan laut internasional yang selama ini melakukan patroli di sekitar Samudera Indonesia mengatakan bahwa perompak telah memperluas wilayah serangan mereka, dengan membajak kapal-kapal lebih kecil untuk digunakan sebagai kapal induk.

Pembajakan menawarkan alternatif yang menguntungkan pada banyak pihak di Somalia yang miskin, yang sedang memerangi perlawanan gerilyawan Islam.

Perompak Somalia bersenjata berat telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa bulan belakangan ini, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan dari pembajakan kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS