My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Nelayan Diatas 30 GT, Dilarang Beli Solar Bersubsidi

 Breaking News
12 Agustus
12:51 2014
Kapal Nelayan Diatas 30 GT, Dilarang Beli Solar Bersubsidi

Semarang – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah mengimbau nelayan yang memiliki kapal besar dengan bobot lebih dari 30 gross ton (GT) untuk tidak menggunakan bahan bakar solar bersubsidi. Imbauan ini disampaikan terkait kebijakan pengurangan 20 persen kuota solar bersubsidi bagi nelayan.

“Pengurangan kuota solar bersubsidi ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasokan nelayan kecil. sehingga nelayan kecil tidak perlu khawatir,” papar Kepala Dinas ESDM Jateng, Teguh Dwi Paryono.

Menurutnya, solar bersubsidi diprioritaskan bagi nelayan yang memiliki kapal penangkap ikan dengan bobot dibawah 30 GT. Dengan adanya pembatasan ini, nelayan dengan kapal besar tidak membeli solar bersubsidi.

Teguh Dwi Paryono menambahkan bahwa nelayan dengan kapal diatas 30GT dulunya tidak masuk dalam Permen ESDM Nomor 18 Tahun 2013. Tapi sejak ada perubahan dengan diterbitkannya Permen ESDM Nomor 6 Tahun 2014, nelayan dengan kapal diatas 30GT diperbolehkan mengisi solar.

Untuk itu Dinas ESDM Jawa Tengah akan memperketat pembelian solar bagi kapal besar, dimana nelayan harus mengantongi surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan  di masing-masing Kabupaten-kota.(Waw)

 

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS