My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Latih Pengganti KRI Dewaruci Mulai Dibangun

 Breaking News
02 Februari
19:38 2016
Kapal Latih Pengganti KRI Dewaruci Mulai Dibangun

Jakarta – Kapal layar tiang tinggi yang juga kapal latih bagi kadet Akademi TNI AL, pengganti KRI Dewaruci, telah mulai dibangun, di galangan kapal Contruccio Navale Freire, di kota Vigo, Spanyol.

Tiga blok lunasnya telah digabung dalam proses pembangunan kapal layar besar itu. Dalam dunia perkapalan, proses pembangunan kapal dimulai dari pembangunan lunas kapal alias peletakan lunas kapal.

Upacara peletakan lunas kapal layar tiang tinggi ini dihadiri Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Muda TNI Leonardi, Komandan Satuan Tugas Pengadaan Kapal Layar Latih TNI AL, Laksamana Pertama TNI Didin Z Abidin, dan lain-lain.

Upacara peletakan lunas pertama kapal itu dilakukan pada 27 Januari lalu itu juga dihadiri Presiden Pemerintahan Galicia, Spanyol, Nunez Fejoo, Wali Kota Vigo, Abel Caballero, dan lain-lain.

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi itu menyebutkan, ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Kapal kelas Bark (Barque, bahasa Inggris) tiga tiang itu akan memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

“Tiga blok lunasnya telah dirakit dari seluruh bagian yang akan disambung dan dilas satu demi satu. Pembangunan ini memakai sistem modul sehingga bisa relatif cepat dilakukan,” kata Abidin, dari Vigo, Selasa.

Dia bersama beberapa perwira dan bintara TNI AL telah ada di Vigo, Pontevedra —550 kilometer arah barat laut Madrid— sejak beberapa pekan lalu.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS