My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Jepang Ditemukan di Pelabuhan Somalia

14 Oktober
01:07 2010
Kapal Jepang Ditemukan di Pelabuhan Somalia

MV. Izumi

Tokyo – Sebuah kapal barang Jepang yang dibajak di wilayah perairan Kenya pada akhir pekan terlihat di pelabuhan Somalia yang dianggap sebagai markas perompak.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa keberadaan 20 orang Filipina yang menjadi awak kapal MV. Izumi yang berbendera Panama dan berbobot 14.000 ton itu masih belum jelas.

Kapal dagang itu mengirim tanda bahaya pada Minggu (10/10) pagi waktu setempat dari perairan di lepas pantai pelabuhan Mombasa, Kenya, dan awak di sebuah kapal lain di kawasan itu kemudian melaporkan bahwa perompak telah menaiki Izumi.

Kapal itu membawa produk logam dari Jepang melalui Singapura ke arah Mombasa, kata operator NYK-Hinode Line di Tokyo.

Menteri Perhubungan Jepang Sumio Mabuchi mengatakan, Selasa (12/10), Tokyo dengan was-was mengamati perkembangan sambil bekerja sama dengan Organisasi Maritim Internasional yang mengurus serangan perompak.

Jepang tahun lalu bergabung dengan AS, China dan lebih dari 20 negara lain dalam operasi laut untuk menghadapi perompak yang menyerang kapal-kapal di lepas pantai Tanduk Afrika, sebuah rute penting menuju Terusan Suez.

Misi anti-perompakan Uni Eropa mengatakan belum lama ini, perompak Somalia menahan 17 kapal dan 369 sandera.

Perompak yang beroperasi di lepas pantai Somalia meningkatkan serangan pembajakan terhadap kapal-kapal di Lautan India dan Teluk Aden meski angkatan laut asing digelar di lepas pantai negara Tanduk Afrika itu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS