My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Induk China Pertama Akan Diberi Nama Provinsi

09 Agustus
09:00 2012

Kapal Induk China

Beijing – Kapal induk pertama China yang secara resmi baru akan beroperasi pada akhir tahun ini kemungkinan besar akan diberi nama salah satu provinsi di China, demikian pernyataan salah seorang ahli militer yang tidak disebutkan namanya kepada Xinhua, Kamis (9/8).

Kapal induk ini kembali ke dok di Dalian, Provinsi Liaoning yang terletak di China Timur Laut setelah menyelesaikan uji coba berlayar yang kesembilan kalinya pada 30 Juli lalu. Pelayaran ini merupakan pelayaran uji coba terakhirnya yang memakan waktu 25 hari dan merupakan pelayaran terlama dalam sejarahnya.

“semua kelengkapan yang diperlukan telah dipasang selama sembilan kali uji coba pelayaran yang dilakukan sejak Agustus tahun lalu,” ungkap Li Jie, seorang peneliti dari Akademi Militer Angkatan Laut China dalam sebuah wawancara dengan laman People’s Daily.

China memiliki tiga armada laut yang meliputi Laut China Timur, Laut China Utara dan armada Laut China Selatan. Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa kapal induk ini akan masuk dalam jajaran armada Laut China Selatan guna menstabilkan situasi yang sedang memanas di kawasan ini, akan tetapi Li Jie menyebutkan bahwa kapal induk tersebut bisa ditugaskan dikedua armada lainnya.

Bagaimana pun juga kapal induk ini akan digunakan untuk latihan dan percobaan,” imbuh Li Jie.

Kapal induk ini telah melengkapi uji coba pelayaran ke sembilannya pada akhir bulan lalu dan kembali ke pangkalannya di Dalian.

“Uji coba ini telah berjalan dengan baik seperti yang diharapkan,” ujar Kolonel Lin Bai dari Departemen Persenjataan Umum Tentara Pembebasan Rakyat China.

Sebelumnya beberapa pengamat berspekulasi bahwa kapal induk ini akan diberi nama Mao Zedong, bapak bangsa China modern atau nama ibukota Beijing, akan tetapi Li menyatakan bahwa itu tidak mungkin.

Li juga mengatakan bahwa di masa yang akan datang, China akan memiliki lebih dari tiga kapal induk.(Xin/Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS