My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Ikan “Berbendera” Indonesia Lakukan Illegal Fishing di Timor Leste

18 Desember
14:04 2008
Kapal Ikan “Berbendera” Indonesia Lakukan Illegal Fishing di Timor Leste

Gentry Amalo – indosmarin.com

Sanur – Kasus pencurian ikan atau illegal fishing ternyata tidak hanya terjadi di perairan Indonesia saja. Beberapa bulan terakhir kasus serupa juga terjadi di Timor Leste. Sayangnya, karena keterbatasan teknis, pemerintah Timor Leste belum dapat mengambil tindakan tegas atas pencurian ikan ini.

Hal disampaikan Agusto Fernandez, Direktur Perikanan Nasional, Kementrian Perikanan dan Pertanian Timor Leste, disela-sela acara Lokakarya Pengembangan Jejaring Kawasan Konservasi Laut Ekoregion Sunda Kecil yang berlangsung di Sanur, Kamis (18/12)

Menurut Agusto, pemerintah Timor Leste beberapa bulan terakhir telah mengidentifikasi kapal-kapal penangkap ikan ilegal yang beroperasi di dalam wilayah perairan Timor Leste.

Agusto belum bisa memberikan kepastian apakah kapal-kapal ikan ini merupakan kapal asal Indonesia dengan nelayan Indonesia di dalamnya atau hanya sekedar menggunakan bendera Indonesia.

Jumlahnya pun semakin lama semakin meningkat. Pekan lalu saja, Kementrian Pertanian dan Perikanan, mendata sedikitnya ada 15 kapal “berbendera” Indonesia yang melakukan penangkapan di wilayah Timor Leste. Jumlah ini menurut Agusto mengalami peningkatan dibandingkan sebelum sebelumnya yang hanya berjumlah delapan kapal. Demi kepentingan nasional, keberadaan kapal-kapal pencuri ikan yang beroperasi di perairan Distrik Los Palos, Timor Leste tetap terus diawasi baik oleh polisi perairan maupun marinir.

Untuk mengurangi kegiatan illegal fishing ini, Agusto merasa pihaknya perlu mengadakan kerjasama dengan pemerintah Indonesia. Adapun kerjasama ini dilakukan khususnya pihak-pihak yang berwenang mengeluarkan surat ijin penangkapan ikan, yang didalamnya memuat pembatasan wilayah operasi penangkapan ikan.

Pembatasan wilayah operasi penangkapan ini dimaksudkan agar para perusahaan pemilik kapal penangkap ikan tidak melakukan operasi penangkapan di wilayah-wilayah yang tidak disebutkan didalam surat ijin penangkapan ikan tersebut(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS