My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kapal Barang Suriah Dibajak Perompak Somalia

21 Januari
21:37 2011

Perompak Somalia

Nairobi – Perompak Somalia membajak sebuah kapal barang milik Suriah dengan 25 anggota awaknya di Laut Arab utara, menurut misi anti-perompakan Uni Eropa Jumat (20/1).

Juru bicara Pasukan Angkatan Laut Uni Eropa, Paddy O`Kennedy mengatakan, MV Khaled Muhieddine yang berbendera Togo, dengan bobot mati 24.022 ton, ditangkap pada Kamis malam di sekitar 330 mil laut sebelah tenggara pelabuhan pantai Omani Salalah, bersama 22 warga Suriah dan tiga orang Mesir yang berada di dalamnya.

“Pihak tahu serangan itu ketika mendapat laporan terjadinya penembakan dan melihat bajak laut di atas kapal. Kemudian semua kontak dengan kapal tersebut hilang,” katanya.

Juru bicara angkatan laut mengatakan, kapal tersebut terdaftar melakukan perlayaran dari Singapura ke Al Hudaydah, di Yaman.

Teluk Aden, satu perairan antara Somalia dan Yaman, merupakan rute laut utama yang menghubungkan Eropa dan Asia.

Tanker-tanker membawa minyak Timur Tengah melalui Terusan Suez pertama-tama harus melewati Teluk Aden.

Geng perompak tersebut beroperasi sepanjang 1.900 mil garis pantai sepanjang Somalia (3.100 km), dan telah menjadi semakin kurang ajar selama dua tahun terakhir, membajak puluhan kapal dagang dan awak mereka untuk mendapatkan uang tebusan.

Sejauh ini pemerintah Somalia tak mampu melakukan sesuatu tindakan karena pemimpin bajak laut memiliki kekuatan lebih dari pemerintah Somalia.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS