My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kadis DKP NTB: Produksi Rumput Laut NTB Alami Peningkatan

 Breaking News
17 Desember
20:20 2014
Kadis DKP NTB: Produksi Rumput Laut NTB Alami Peningkatan

Mataram – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB Aminollah, mengatakan produksi rumput laut provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dan kami terus berupaya untuk meningkatkan lagi angka produksi guna memenuhi peluang pasar ekspor.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi rumput laut NTB adalah melalui pengembangan kawasan minapolitan rumput laut, adapun program ini sudah dilaksanakan sejak 2010.” papar Aminollah.

Ada 10 sentra minapolitan rumput laut di NTB, yakni di Pulau Lombok, meliputi Desa Pengantap, Kabupaten Lombok Barat, dengan potensi 600 hektare, Teluk Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah dengan potensi sekitar 200 hektare.

Selain itu, sentra minapolitan rumput laut di Kabupaten Lombok Timur, masing-masing Teluk Ekas dengan potensi 400 hektare dan Teluk Serewe dengan potensi 800 hektare, serta di Teluk Awang dengan potensi 400 hektare.

Sementara sentra minapolitan rumput laut di Pulau Sumbawa, berada di Kertasari Kabupaten Sumbawa Barat dengan potensi 400 hektare, Labuhan Mapin, Kabupaten Sumbawa dengan potensi 300 hektare, di Kecamatan Terano dengan potensi 2.000 hektare.

Ada juga di Kuangko, Kabupaten Dompu dengan potensi mencapai 800 hektare, dan di Waworada, Kabupaten Bima, dengan potensi mencapai 2.000 hektare.

“Minapolitan merupakan kerangka berpikir dalam pengembangan agribisnis berbasis perikanan di suatu daerah. Minapolitan adalah wilayah yang berisi sistem agribisnis berbasis perikanan dengan penggeraknya usaha agribisnis.” papar Aminollah.

Selain minapolitan, kata Aminollah, pihaknya juga mengembangkan bibit rumput laut berkualitas, bantuan sarana untuk pengembangan rumput laut dan penanganan pascapanen, serta progam pendukung lainnya.

“Pengembangan agribisnis rumput laut merupakan salah satu program unggulan dalam rangka menekan angka kemiskinan sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan pesisir,” katanya. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS