My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Kabupaten Kolaka Penghasil Agar-Agar Terbesar di Sultra

 Breaking News
26 Mei
14:44 2015
Kabupaten Kolaka Penghasil Agar-Agar Terbesar di Sultra

Kendari – Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, merupakan daerah penghasil agar-agar terbesar di wilayah Sultra.

“Sekitar 25 sampai 30 persen produksi agar-agar di Sultra yang jumlahnya mencapai sekitar 150.000 ton per tahun berasal dari Kabupaten Kolaka,” kata peneliti Badan Penelitian dan Pembangunan (Balitbang) Sultra, La Fariki di Kendari, Selasa.

Sedangkan daerah pengahasil agar-agar terbesar kedua di Sultra adalah Kabupaten Buton dengan produksi sekitar 20 persen dari total produksi agar-agar di Sultra.

Menurut La Fariki, hampir seluruh wilayah pesisir di Kabupaten Kolaka dan Buton sangat cocok untuk pengembangan budidaya agar-agar.

Oleh karena itu, pemerintah perlu memikirkan pendirian industri pengolahan tepung agar-agar di dua kabupaten tersebut, sehingga potensi sumber daya alam di kedua wilayah itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Jika potensi agar-agar di daerah ini dimanfaatkan secara maksimal, tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan yang membudidayakan agar-agar akan meningkat pesat,” katanya.

La Fariki mengatakan, sebenarnya hampir seluruh wilayah pesisir Sultra yang terdiri dari 15 kabupaten dan dua daerah kota, cocok untuk pengembangan budidaya agar-agar.

Meski demikian budidaya agar-agar belum berkembang secara masif karena sebagian besar masyarakat nelayan pesisir tidak memiliki modal kerja yang memadai. (Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *