My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Jusuf Kalla: Pancasila Tidak Hanya untuk Dihafalkan

 Breaking News
01 Juni
14:05 2015
Jusuf Kalla: Pancasila Tidak Hanya untuk Dihafalkan

Jakarta – Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengatakan, Pancasila tidak untuk dihafalkan melainkan dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu dikatakan Kalla terkait Hari Kelahiran Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Selain Hari Kelahiran Pancasila, ada lagi hari besar nasional terkait Pancasila, yaitu Hari Kesaksian Pancasila pada 1 Oktober.

“Nilai Pancasila tentu untuk mempersatukan bangsa kita. Jadi kita tidak hanya menghafalkan Pancasila, tetapi yang paling pokok adalah pelaksanaannya yang baik,” kata Kalla, di kawasan Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Senin.

Menurut dia, salah satu upaya untuk merekatkan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah melalui Ekspedisi Nusantara Jaya 2015, yang dilepas secara resmi oleh Kalla, di dermaga Komando Lintas Laut Militer TNI AL, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

“Tadi sudah diresmikan Ekspedisi Nusantara Jaya, yang juga suatu cara untuk mempersatukan bangsa ini,” jelasnya. Selain itu, Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 juga untuk memberi pendidikan kebangsaan Indonesia.

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 melibatkan 4.000 orang dari seluruh Indonesia dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593, 86 kapal perintis, dan dua kapal rumah sakit.

KRI Banda Aceh-593 difungsikan sebagai kapal utama yang berlayar melalui rute Jakarta-Makassar-Sorong-Saumlaki-Jakarta, sedangkan puluhan kapal perintis bertugas mengangkut para relawan dan barang bantuan dari pelabuhan besar menuju daerah tujuan.

Jenis barang bantuan yang diangkut rangkaian Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 tersebut berupa makanan tambahan, sembilan bahan pokok, buku pelakaran, perlengkapan sekolah, bibit tanaman, kitab suci atau buku inadah, tangki air, genset, sel surya untuk catu daya listrik, televisi dan parabola.

Selain itu, Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 juga mengikutsertakan sedikitnya 250 relawan dan wartawan yang akan mendapat pelatihan kemaritiman dan kepemimpinan selama berada di kapal.

Ekspedisi berlangsung selama 30 hari hingga 30 Juni nanti, dengan menyinggahi sedikitnya 540 pelabuhan yang berada di 22 provinsi di Tanah Air.

Dalam kegiatannya, Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 akan mendistribusikan bantuan dan melakukan aksi sosial bagi masyarakat yang tinggal di pulau terluar, daerah terpencil serta wilayah perbatasan yang selama ini sulit dijangkau.

Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 program kerja sama TNI AL, Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Perhubungan, serta sejumlah Kementerian dan Lembaga Pemerintah non-Kementerian, BUMN serta LSM.(Antara)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS