My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Jepang Sambut Baik Kesepakatan ASEAN – China Soal Laut China Selatan

22 Juli
15:35 2011
Jepang Sambut Baik Kesepakatan ASEAN – China Soal Laut China Selatan

ASEAN - China

Nusa Dua – Jepang menyambut baik kesepakatan antara ASEAN dan China mengenai Panduan Pelaksanaan Deklarasi Etik Para Pihak di Laut China Selatan (DoC).

“Kami menyambut baik tercapainya kesepakatan antara ASEAN dan China mengenai panduan implementasi DoC. Kami berharap semua pihak bisa secara penuh menjalankan komitmennya dan semoga Kode Etik Perilaku Para Pihak di laut China Selatan (DoC) akan segera terbentuk setelah ini,” papar juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang, Satoru Satoh, di Nusa Dua, Bali, Jumat (22/7).

Namun, Satoh mengingatkan perkembangan terakhir dalam kasus Laut China Selatan saat ini belum menyelesaikan semua masalah.

“Panduan DoC sudah disepakati, namun semua belum berhenti di sini. Kami berharap ASEAN dan China tetap melakukan komunikasi untuk menyelesaikan masalah di Laut China Selatan secara tuntas,” katanya.

Satoru Satoh berharap pihak-pihak yang terlibat dalam isu Laut China Selatan bisa segera menyepakati DoC yang dianggap sebagai payung hukum yang mengikat.

ASEAN dan China pada Rabu lalu (20/7) menyepakati Panduan Implementasi Deklarasi tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan atau DoC itu.

“Ini awal yang baik dan penting bagi kami untuk bekerja sama meneruskan dialog dan kerja sama dengan pandangan mendorong lebih jauh stabilitas ini dan kepercayaan di kawasan ini,” kata Asisten Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Quang Vinh, secara terpisah.

Menanggapi capaian menjanjikan di kawasan itu, Asisten Menlu China, Liu Zhenmin, mengatakan para pejabat akan menyerahkan apa yang mereka telah setujui kepada para menteri untuk pengesahan akhir.

“Ini adalah dokumen penting mengenai kerja sama itu di antara China dan negara-negara anggota ASEAN, dan kami punya masa depan yang lebih cerah dan kami sangat menginginkan kerja sama di masa mendatang.” imbuhnya.

Walaupun masih pada tahap awal, persetujuan itu memberikan harapan bagi resolusi damai atas klaim tumpang tindih di Laut China Selatan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS