My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Jalan-jalan ke Sea World Indonesia (2)

30 Juni
14:50 2008
Jalan-jalan ke Sea World Indonesia (2)

Nalasrestha – indosmarin.com

Jakarta – Selanjutnya, menuju ke aquarium air tawar yang diisi ikan lele raksasa (Pangasianodon gigas), ikan arapaima raksasa (Arapaima Gigas) dan ikan lele ekor merah (redtail catfish). Ketiga jenis ikan ini mewakili kehidupan Sungai Amazon, Amerika Latin yang menakjubkan.

Ikan Arapaima raksasa usia dewasa dapat mencapai panjang 5 m dan bobot lebih dari 200 kg. Ikan ini masuk ke dalam kelas Osteoglossidae bersama dengan kerabatnya yang sudah dikenal banyak orang yakni ikan arwana. Arapaima hidup di perairan Sungai Amazon dan memburu ikan-ikan lain sebagai mangsanya. Ikan Arapaima itu hidup pada air bersuhu 24ºC – 30ºC. Ikan ini masuk dalam kategori ikan yang bernapas dengan insang, namun dengan kondisi tertentu mampu mengambil udara langsung dari atmosfer. Keunikan ikan bertubuh besar ini muncul ke permukaan setiap lima hingga 20 menit sekali. Sedangkan, ikan Arapaima muda biasanya muncul ke permukaan setiap lima menit sekali.

Ikan Lele raksasa hidup di sungai air tawar yang berarus-deras di dalam tapi cukup tenang di permukaan. Ikan ini juga dapat ditemukan di habitat lainnya, selain di sungai Amazon, ikan jenis ini juga ditemukan di Sungai Mekong – Asia Tenggara. Seekor lele raksasa dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter dan berat 300 kilogram. Sejak 5 tahun lalu, World Conservation Union memasukan lele raksasa ke dalam salah satu spesies yang terancam punah(bersambung)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS