My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Indonesia Target Bangun 10 Juta Hektar Konservasi Laut Daerah

02 September
16:02 2008
Indonesia Target Bangun 10 Juta Hektar Konservasi Laut Daerah

Muliarta-Indomarin.com

Sanur – Pemerintah Indonesia berencana untuk membangun Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD). Tujuan dari pembangunan KKLD ini pada intinya sebagai salah satu upaya untuk menjaga kelestarian terumbu karang di seluruh Indonesia. Selain itu juga sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian terumbu karang.

Kepala Sub Direktorat  Mitigasi Bencana dan Pencemaran Laut Departemen Kelautan dan Perikanan Dr. Subandono Diposaptono dalam keterangannya di sela-sela Simposium penyelamatan terumbu karang dari perubahan iklim di Sanur Bali (2/9) menyatakan Kawasan konservasi laut daerah ini ditegaskan memiliki luas mencapai 10 juta hektar pada tahun 2010.

Subandono menyampaikan  pembangunan kawasan konservasi laut daerah juga merupakan bagian dari upaya merehabilitasi kawasan terumbu karang Indonesia yang mengalami kerusakan melalui program manajemen rehabilitasi karang.

“Itu yang berupa menggunakan terumbu buatan atau yang berupa menggunakan transplantasi, tapi upaya yang dilakukan pada dasarnya yang terpenting upaya penyadaran pada manusianya, jangan sampai mencemari, jangan sampai mengebom” kata Dr. Subandono Diposaptono.

Berdasarkan data Conservation Internasional (CI) Indonesia memiliki luasan terumbu karang mencapai 51 ribu kilometer persegi. Luas terumbu karang Indonesia ini mencapai 20 persen dari luas terumbu karang dunia. Namun hanya 15 – 20 persen terumbu karang Indonesia dilaporkan dalam kondisi sangat baik dan hampir 50 persen dalam kondisi rusak.

Hasil pemantauan CI melaporkan 90 persen kerusakan terumbu karang di Indonesia akibat kegiatan manusia. Seperti kegiatan pengeboman ikan, penggunaan sianida, polusi dan pencemaran laut(*)

ket foto: transplantasi terumbu karang buatan di Sanur – Bali

2 Komentar

  1. hariyono
    hariyono September 24, 22:07

    salut deh ma program dkp ri moga bisa wujud sesuai target tapi proyeknya harus diawasi dong,transparan jangan kayak yang kemarin-kemarin sekedar proyek doang tdk jelas orientasi ke sasarannya, masyarakat jangan lupa di berdayakan yaaaaa. saran untuk dkp mohon rekanan pelaksan program diawasi tuh admin dan realisasi proyeknya.maaf ya sekedar saran untuk kebaikan bersama GO BLUE OSEAN INDONESIAN SUISTAINABLE,…………..peace

  2. Rini
    Rini Maret 30, 11:55

    Salam Kenal, kalau boleh tanya, sejak kapan isu KKLD ini diangkat oleh Pemerintah?

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS