My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Indonesia Bakal Kembangbiakan Abalon

13 Agustus
16:30 2012
Indonesia Bakal Kembangbiakan Abalon

Abalon (Haliotis spp.)

Jakarta – Abalon atau Haliotis spp. adalah salah satu jenis moluska laut yang sangat potensial untuk dikembangkan di perairan Indonesia, karena selain teknologi pakan yang murah dan pembenihan yang tidak terlalu sulit, budidaya abalon akan sangat menguntungkan nelayan karena nilai jualnya yang tinggi di pasar ekspor.

“Harga jual abalon ke Taiwan, Hong Kong, dan Singapura bisa mencapai Rp300-400 ribu per kilogram,” kata Dr. Tri Heru Prihadi, kepala Balai Besar Riset Perikanan dan Pengembangan Budidaya Laut Gondol, Bali, di Jakarta, Senin (13/8).

Lebih lanjut Tri Heru menjelaskan bahwa budidaya abalon saat ini tengah dikembangkan penelitiannya di Gondol, agar diperoleh bibit yang unggul dengan pertumbuhan yang cepat, tahan penyakit, ramah lingkungan, dan menggunakan teknologi yang adaptif serta rendah biaya.

Para peneliti di Amerika menyebutkan bahwa dalam urutan makanan kaisar China, abalon atau yang juga disebut dengan pauwhie, menempati urutan teratas bahkan melampaui teripang dan sirip ikan hiu.

Pandangan inilah yang membuat pasar di China, Hong Kong, Korea, Jepang, dan Singapura sangat mengapresiasi komoditas abalon.

Sayangnya, kata Tri Heru, saat ini mayoritas produksi abalon masih didominasi hasil penangkapan dari alam, dan sangat sedikit yang merupakan hasil budidaya.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS