My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ikan Hybrid Spesies Ditemukan di Kawasan Perairan Nusa Penida

01 Desember
15:41 2008
Ikan Hybrid Spesies Ditemukan di Kawasan Perairan Nusa Penida

Muliarta-Indosmarin.com

Sanur – Hasil Nusa Penida Marine Rapid Assessment Program atau pemetaan secara cepat di kawasan Pulau Nusa Penida – Klungkung – Bali, menemukan adanya spesies ikan yang merupakan hybrid species atau spesies campuran. Hybrid species ini teridentifikasi merupakan persilangan spesies ikan dari Samudra Hindia dan Samudera Pasifik.

Hybrid species ini diprediksi terjadi di kawasan laut Nusa Penida yang merupakan pertemuan dari arus Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ahli Ikan Dunia Gerald Allen dalam keteranganya di Sanur Bali (1/12) menyebutkan tidak hanya satu hybrid spesies yang ditemukan tetapi terdapat beberapa hybrid spesies.

Gerald Allen juga mengakui menemukan 5 spesies jenis ikan baru di kawasan laut Nusa Penida. 5 jenis ikan tersebut diantaranya Chromis sp, Priolepis 33 sp, Priolepis 11 sp, Pseudochromis sp dan Trimma sp.

“Saya yakin 90% ini spesies baru, tetapi saya tetap akan melakukan pengecekan kembali di laboratorium saya, seperti skala panjang, jumlah sirip, tulang sirip dan bentuk ekor, ujar Gerald Allen kepada indosmarin.com

Menurut Gerald yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Gerry ini, secara fisik dari lima spesies ikan jenis baru yang ditemukan, tiga diantaranya memiliki ukuran yang kecil. Dimana ikan tersebut berukuran dua centimeter pada saat dewasa(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS