My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ikan Herring Raksasa Ditemukan

13 Mei
14:58 2010
Ikan Herring Raksasa Ditemukan

Stockholm – Ikan herring “raksasa” dengan panjang 3,5 meter telah ditemukan di lepas pantai Swedia barat –ikan herring pertama dengan ukuran seperti itu yang ditemukan di negara Skandinavia tersebut dalam lebih dari 130 tahun, kata museum kelautan pekan ini.

Regalecus glesne, yang dikenal sebagai Raja Herring atau Oarfish Raksasa, ditemukan dalam keadaan mati di satu desa kecil nelayan, Bovallstrand, di pantai Swedia barat, sekitar 90 kilometer dari perbatasan Norwegia.

“Di air, ada sesuatu yang besar mengambang. Mula-mula kami kira itu adalah potongan plastik besar. Tetapi kemudian kami melihat ada matanya. Saya hampiri untuk memeriksa dan melihat bahwa itu adalah ikan yang sangat aneh ini,” kata Kurt Ove Eriksson, orang yang sedang lewat dan menemukan hewan tersebut, kepada harian Svenska Dagbladet.

Ikan “regalecus” yang jarang terlihat itu, ikan yang kelihatan tulangnya dan paling panjang, dapat memiliki badan sampai 12 meter.

“Terakhir kali kami melihat Raja Herring di Swedia ialah pada 1879,” kata museum House of Sea di Lysekil, tempat ikan tersebut dibawa, dalam satu pernyataan.

“Kami tidak banyak mengetahui mengenai spesies itu,” katanya. “Tetapi kami percaya hewan tersebut hidup di laut dalam, setidaknya pada kedalaman 1.000 meter, dan banyak orang percaya ikan itu berasal dari mitologi naga laut, atau kisah mitologi hewan laut seperti Monster Loch Ness.”

Ikan yang sudah mati itu, yang dibekukan di museum tersebut, memiliki luka di sepanjang badannya dan kehilangan sirip punggungnya yang khas serta centik, kata museum itu.

Ditambahkannya, ikan tersebut mungkin ditambahkan ke dalam barang pameran mengenai monster laut yang direncanakan diselenggarakan akhir tahun ini.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS