My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ikan di Laut Fukushima Tercemar Radioaktif Cesium

10 April
15:30 2011

Reaktor Nuklir Fukushima

Tokyo – Radioaktif cesium dalam kadar melebihi ambang batas normal, Sabtu (9/4), ditemukan dalam sampel ikan di lepas pantai Prefektur Fukushima di Jepang timur laut, tidak jauh dari reaktor nuklir Fukushima yang meledak saat gempat 11 Maret silam.

Seperti yang dilaporkan Kyodo News, Minggu (10/4), salah satu dari empat sampel ikan memiliki tingkat cesium 570 becquerels per kilogram dan tiga lainnya diukur 480-500 becquerels.

Batasan yang dianut Jepang berdasarkan Undang-undang Sanitasi Makanan negara “matahari terbit” ini adalah 500 becquerels.

Sampel diambil setelah spesies itu ditemukan terkontaminasi di lepas pantai Prefektur Ibaraki, setelah nelayan secara sukarela telah menahan diri untuk mencari ikan di lepas pantai Fukushima.

Sementara, sehari setelah gempa pada Kamis (7/4) malam lalu, Kebocoran air radioaktif juga ditemukan di PLTN Onagawa di prefektur Miyagi setelah gempa susulan 7,4 skala Richter mengguncang timur laut Jepang. Media setempat mengatakan bahwa air radioaktif tumpah dari kolam induk menghabiskan batang bahan bakar nuklir di pembangkit listrik.

Menurut Bdan Keselamatan Nuklir Jepang, hal ini diamati di dalam bangunan pada ketiga reaktor di PLTN Onagawa, yang telah menghentikan kegiatan operasional sejak gempa bumi besar dan tsunami pada 11 Maret lalu.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS