My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Hutan Bakau di Sulsel Terancam Rusak

20 Desember
23:47 2008
Hutan Bakau di Sulsel Terancam Rusak

Jingga Fajar – Indosmarin.com

Sinjai – Ratusan hektar hutan bakau di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, terancam rusak parah akibat pembabatan liar yang dilakukan warga setempat. Pemerintah Sinjai sendiri sampai saat ini belum melakukan tindakan tegas, meski eksploitasi tersebut sudah berlangsung tiga bulan terakhir.

Kerusakan paling parah terjadi di Kelurahan Larea-Rea, Kecamatan Sinjai Utara dan kawasan Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur. Di kawasan itu, warga secara terang-terangan membabat pohon bakau yang terdapat di kawasan mangrove tersebut.

Seperti yang diberitakan ANTARA, Salah seorang warga, Tajuddin, Sabtu, mengaku membeli sebidang lahan yang ditumbuhi hutan bakau, seharga Rp2 juta. Padahal lahan itu berada dalam kawasan hutan mangrove yang dilindungi pemerintah.

Menurut Tajuddin, kayu bakau tesebut akan diolah menjadi bahan bakar memasak untuk selanjutnya dijual kepada warga yang membutuhkan. Dia juga mengaku tidak merasa khawatir karena sampai saat ini belum pernah mendapat teguran dari pemerintah setempat.

Sejauh ini Kabupaten Sinjai cukup dikenal dengan hutan bakaunya yang tumbuh subur. Bahkan sempat mengharumkan nama daerah ini, setelah beberapa kali mendapat penghargaan Kalpataru dari Presiden RI.

Namun kini maraknya pembabatan hutan bakau, mengancam punahnya ratusan hektar hutan mangrove di daerah tersebut. Sebagian warga berharap dinas kehutanan setempat segera mengambil tindakan tegas sebelum abrasi melanda Kabupaten Sinjai.(Ant.)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS