My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gerry Allen, Indonesia Sungguh Kaya di Mata Dunia

01 Desember
16:34 2008
Gerry Allen, Indonesia Sungguh Kaya di Mata Dunia

Gentry Amalo – indosmarin.com

Denpasar – Selama pelaksanaan program penelitian Nusa Penida Marine Rapid Assessment yang berlangsung akhir November lalu. Dr. Gerald Allen adalah salah seorang yang tampak menonjol. Tidak ada yang menyangka jika pria bule paruh baya ini adalah salah satu ahli taksonomi ikan kelas dunia.

Kejelian mata pria yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan Gerry ini membuat kagum para peneliti muda lainnya yang ikut serta dalam program yang merupakan kerjasama banyak lembaga ini.

Gerry menemukan kelima jenis spesies ikan baru ini pada kedalaman antara 15 hingga 70 meter di bawah permukaan air laut. Tiga diantaranya adalah jenis ikan gobi yang berukuran antara 2,5 hingga 3,5  sentimeter . Ukuran ini menurut Gerry Allen hanya ditemui pada ikan gobi dewasa saja.

“Saya sangat bersemangat dan penasaran akan spesies yang baru ditemukan ini. Saya ingin segera menelitinya lebih lanjut,” ujar ahli ikan dunia yang sangat rendah hati ini. Uniknya lagi menurut Gerry Allen, spesies ikan yang ada di perairan Nusa Penida adalah campuran dari spesies ikan di Samudera Hindia dan Pasifik, bahkan sering ditemukan spesies hasil persilangan ikan kedua Samudera ini. Hal ini membuat Nusa Penida menjadi lokasi yang unik secara ekologi.

Gerry mengatakan dirinya yakin 90 persen bahwa kelima spesies ikan yang ditemukan ini merupakan spesies baru, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut. “Saya sudah cukup lama berkecimpung di dunia ini. Dengan melihat langsung, saya cukup yakin spesies ini adalah spesies baru. Tapi karena ukurannya kecil maka perlu penelitian secara ilmiah,” tegas Allen kepada indosmarin.com.

Menurut Gerry, salah satu ciri yang menyakinkan bahwa ikan ini merupakan spesies baru adalah pola warna yang berbeda yang dimiliki masing-masing ikan. Namun untuk penelitian lebih lanjut, Gerry akan meneliti ciri-ciri spesies itu seperti skala, sirip, proporsi tubuh, tulang sirip, dan bentuk ekor. Temuan Gerry dan kawan-kawan peneliti muda asal Indonesia ini, jelas membuktikan betapa kayanya laut Indonesia(*)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS