My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gerakan Tanam Mangrove untuk Antisipasi Abrasi

 Breaking News
14 Oktober
21:48 2014
Gerakan Tanam Mangrove untuk Antisipasi Abrasi

Pekanbaru – Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau, menggencarkan program penanaman pohon, khususnya jenis mangrove (bakau) di sepanjang pantai untuk mengantisipasi gerusan abrasi.

“Setiap tahun kami konsisten melaksanakan program menanam pohon, baik itu pohon pelindungan maupun pohon mangrove pencegah abrasi,” kata Bupati Herliyan Saleh lewat pesan elektronik yang diterima, Selasa malam.

Ia mengatakan kegiatan berbagai program penghijauan itu adalah upaya membudayakan masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup agar tetap asri.

Untuk program penanaman pohon mangrove, lanjut dia, dilaksanakan di kawasan pesisir pantai yang mengalami abrasi sangat parah yang melibatkan masyarakat setempat.

“Di Bengkalis yang kebetulan daerah pesisir, terdiri dari pulau-pulau kecil, sangat rentan terjadi abrasi yang terus mengikis daratan tepi pantai. Maka upaya baik mengatasinya adalah dengan penanaman mangrove secara terus menerus,” katanya.

Setelah dilakukan penanaman, demikian Herliyan, tentu juga harus ada upaya perawatan agar mangrove dapat tubuh dengan subur dan dipastikan mampu menangkal terjangan ombak tepi pantai.

“Khusus program penanaman mangrove, sejauh ini respon masyarakat sangat tinggi. Masyarakat setempat sangat berterima kasih dengan program ini. Insyaallah dalam jangka panjang, masalah abrasi pantai sedikit demi sedikit dapat teratasi,” kata Herliyan.(Ant)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *