My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gempa 5,8 SR Guncang Kepulauan Mentawai

 Breaking News
17 Desember
18:38 2014
Gempa 5,8 SR Guncang Kepulauan Mentawai

Pariaman – Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (17/12) sekitar pukul 13.10 WIB.

“Kami mendapatkan laporan telah terjadi gempa bumi di Mentawai dengan kekuatan 5,8 SR,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kepuluan Mentawai, Hati Samaura saat dihubungi dari Pariaman, Rabu.

Ia menjelaskan, masyarakat tidak panik ketika terjadi gempa tersebut. Gempa bumi tidak terasa kuat goncangannya, hanya dalam skala kecil.

“Masyarakat ada keluar rumah saat terjadi gempa, namun tidak panik gempa kekuatan 5,8 SR yang mengguncang Mentawai,” ujarnya.

Masyarakat sudah terbiasa merasakan gempa. Saat gempa terjadi sempat keluar rumah serta melihat kondisi air laut apakah ada gelombang tsunami akibat gempa,” jelas Hati Samaura.

Ia mengatakan, meskipu gempa kekuatan 5,8 SR tidak menimbulkan gelombang tsunami, namun masyarakat diminta untuk tetap waspada.

“Berdasarkan laporan sementara, gempa kekuatan 5,8 SR tidak ada menimbulkan rumah rusak maupun korban jiwa,” katanya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi dengan kekuatan 5,8 SR terjadi pada pukul 13.10 WIB.

Gempa terjadi pada koordinat 3.88 Lintang Selatan dan 100.07 Bujur Timur. Gempa berpusat 192 Km Tenggara Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *