My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gelombang Berangsur Normal, Syahbandar Jepara Ijinkan Berlayar

31 Januari
20:33 2012

Gelombang tinggi

Jepara – Syahbandar Pelabuhan Jepara mengizinkan aktivitas berlayar di Perairan Laut Jepara, karena kondisi gelombang di perairan setempat mulai normal.

“Sejak Senin (30/1), cuaca di Perairan Jepara sudah normal dengan ketinggian gelombang air laut berkisar antara satu meter hingga 1,25 meter,” ujar Dwiyanto di Jepara, Selasa (31/1).

Dwiyanto mengatakan, nelayan maupun Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria yang melayani penyeberangan dari Jepara menuju Pulau Karimunjawa, di Kecamatan Karimunjawa, Jepara, sudah diijinkan berlayar. Bahkan, aktivitas kapal di PLTU Tanjung Jati B Jepara juga sudah mulai beroperasi.

Terkait dengan jadwal KMP Muria yang akan melayani penyeberangan penumpang ke Karimunjawa, pihak pelabuhan masih tetap melihat secara langsung kondisi cuaca di laut Rabu (1/2).

“Meskipun prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Semarang menjelaskan kondisi cuaca di Perairan Jepara sudah normal, namun pengamatan langsung di laut tetap menjadi pertimbangan dalam memberikan izin berlayar,” imbuh Dwiyanto.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, musim baratan atau gelombang air laut tinggi di Perairan Jepara akan berlangsung hingga akhir Februari 2012, bahkan bisa hingga memasuki Maret 2012.

Untuk itu, lanjut dia, setiap nelayan yang mengajukan izin berlayar diingatkan untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya perubahan cuaca di laut secara tiba-tiba, karena masih memasuki musim baratan.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS