My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gahawisri Nilai Pemerintah Belum Serius Kembangkan Wisata Bahari

07 November
20:14 2008
Gahawisri Nilai Pemerintah Belum Serius Kembangkan Wisata Bahari

Jingga Fajar – indosmarin.com

JakartaMeskipun pulau-pulau yang berjumlah ribuan di Indonesia merupakan modal bagi pengembangan dunia pariwisata bahari di Indonesia, Didien melihat pemerintah belum serius untuk mengembangkannya.

“Perlu kemauan politik dari pemerintah untuk membangun pariwisata bahari karena wisata bahari identik dengan mengembangkan wisata di pulau-pulau kecil yang berbasis masyarakat,” kata Didien.

Pemberdayaan dan pembangunan masyarakat di pulau-pulau menjadi syarat mutlak bagi pengembangan pariwisata bahari.

“Jadi tidak ada wisata bahari muncul di satu pulau atau satu daerah tapi tidak mengikutsertakan masyarakat setempat. Jadi masyarakat setempat itu harus mempunyai andil di dalamnya sebagai ‘stakeholder’ (pemangku kepentingan), itu yang penting,” kata Didien.

Pemerintah melalui Depbudpar (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata) bersama pelaku bisnis, asosiasi, dan para pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata telah sepakat untuk melanjutkan program Visit Indonesia Year (VIY) 2008 pada tahun depan (2009).

“Program VIY 2008 kita lanjutkan pada tahun 2009 dengan Visit Indonesia Year: MICE and Marine Tourism. Dua produk unggulan yaitu wisata bahari dan wisata konvensi menjadi primadona untuk meraih target 8 juta kunjungan wisman tahun 2009,” kata Dirjen Pemasaran Depbudpar, Sapta Nirwandar di Jakarta, Rabu (6/11).

Sapta mengatakan program Visit Indonesia Year: MICE and Marine Tourism cukup kuat dan relevan mengingat tahun 2009 Indonesia akan melakukan pesta demokrasi (Pemilu) dan menjadi tuan rumah konferensi dunia World Ocean Conference (WOC) di Manado, Sulut (Ant.)

1 Komentar

  1. Farid
    Farid Agustus 01, 05:01

    mana info lain marine tourism di daerah

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS