My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Gagal Lelang Harta Karun, Pemerintah Berniat Bangun Museum Kelautan

10 Mei
12:30 2010
Gagal Lelang Harta Karun, Pemerintah Berniat Bangun Museum Kelautan

Denpasar – Pemerintah Indonesia mempertimbangkan untuk membangun museum kelautan di Indonesia di Jakarta.

Museum ini menurut rencana akan menjadi tempat penyimpanan barang muatan kapal tenggelam yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Pembangunan Museum kelautan ini kini masih menunggu dukungan dari lembaga dunia bidang pendidikan dan kebudayaan (UNESCO).

Demikian disampaikan Menteri Kelautan dan perikanan Fadel Muhammad usai peringatan ke-50 tahun Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) di Sanur Bali, Senin (10/5).

Menurut Fadel Muhammad, pemerintah kini sedang melakukan pendekatan dengan UNESCO karena pemerintah berharap UNESCO bersedia membantu pendanaan pembangunan Museum Kelautan Indonesia.

“Apakah nantinya UNESCO bisa mensponsori kita untuk membangun sebuah museum marine di Indonesia dan museum ini saya rencanakan dibangun di Jakarta dan bekerjasama dengan museum internasional” tegas Fadel Muhammad kepada Indosmarin.com.

Selanjutnya Fadel Muhammad menegaskan dengan adanya rencana pembangunan museum kelautan, maka pelelangan dan penjualan terhadap harta karun di perairan Indonesia tidak lagi menjadi tujuan utama.

Dimana kini pemerintah juga sedang mempertimbangkan adanya penyelesaian dengan para investor dan peserta lelang harta karun perairan Indonesia agar tidak mengalami kerugian yang tinggi.(Mul)

5 Komentar

  1. vance nurcholiq
    vance nurcholiq Mei 10, 22:30

    saya pribadi sangat setuju dengan batalnya pelelangan harta karun… karena saya meyakini banyak ilmu pengetahuan yang tersembunyi pada harta karun tersebut…

  2. ricky
    ricky Mei 10, 23:05

    Nah, mending barang-barang itu dibuat bercerita sesuai dg fakta yang ada.jadi sejarah maritim dan budaya kelautan nusantara tdk hilang.banyak hal yang akan terungkap bila asal usul kapal itu dpt bercerita.

  3. yunaldi
    yunaldi Mei 11, 10:44

    Yang bagus tempatnya di Bali Pak…karena kalo di bali bisa dijadikan objek wisata..dengan dana untuk operational museum akan tertutupi oleh distribusi wisatawan…karena banyak museum yang gak terurus, terawat dan bahkan benda2nya di jual oleh penjaga alasan dana operational sedikit.

    salam

    Yunaladi (Yoel)
    Denpasar

  4. bella
    bella Mei 13, 06:47

    aah proyek baru lagi

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS