My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Fatahilah Amankan Lima Kapal Ikan Tanpa Ijin Tangkap

21 April
17:51 2009
Fatahilah Amankan Lima Kapal Ikan Tanpa Ijin Tangkap

Surabaya – Kasus pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia seolah tidak pernah berhenti. Kali ini yang menjadi pelakunya bukan kapal ikan negara tetangga, melainkan kapal penangkap ikan Indonesia yang tidak memiliki ijin tangkap.

KRI Fatahilah-361, dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Komando Armada Timur (satkoarmatim), Selasa (21/4) berhasil memergoki dan menangkap lima Kapal Ikan Indonesia (KII) yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal.

Menurut Komandan Fatahilah, Letkol Laut (P) Kisdianto, kelima kapal penangkap ikan ini dipergoki sedang melakukan penangkapan ilegal di perairan Timur Indonesia. Dari dalam lambung kelima kapal ini para awak Fatahilah berhasil mengamankan sedikitnya 8o ton ikan dari berbagai jenis.

siaran pers Dinas Penerangan Armada Timur (dispenarmatim) menyebutkan bahwa Kelima kapal ikan ini masing-masing KM. Mustika Bahari dengan nahkoda Widodo dan 17 ABK, KM. Alam Mina Pratama dengan nahkoda Hartono dan 14 ABK, KM. Sinar Andalan dengan nahkoda kapal Kadromi dan 18 ABK. Kemudian KM. Sinar Samudera-1 dengan nahkoda Taryono dan 10 ABK, serta KM. Sari Bukti-A dengan nahkoda Karyani berserta 15 ABK-nya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kelima kapal ikan ini melakukan penangkapan ikan tanpa disertai surat-surat baik surat-surat kapal maupun dokumen pelayaran lainnya.

”Nahkoda kelima kapal ikan ini tidak ada yang bisa menunjukkan surat-surat maupun dokumen kapal secara lengkap. Untuk itu, kapal-kapal tersebut dikawal ke Pangkalan TNI Angkatan Laut Kotabaru, guna proses penyidikan dan hukum lebih lanjut,” jelas Kisdianto. (Penarmatim/Gen)

Tags
Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS