My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Enam Pantai di Bali, Tercemar Limbah

29 Juli
11:04 2010
Enam Pantai di Bali, Tercemar Limbah

Wisatawan di Pantai Kuta

Denpasar – Tercatat enam kawasan pantai yang menjadi kawasan wisata di Kabupaten Badung Bali memiliki kualitas air laut yang masuk dalam kategori tercemar. Pantai-pantai tersebut diantaranya Pantai Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, Benoa dan Canggu.

Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kandungan bahan-bahan pencemar dalam air laut di enam kawasan pantai tersebut telah melebihi ambang baku mutu lingkungan. Beberapa bahan pencemar yang dinyatakan telah melebihi ambang baku mutu diantaranya Nitrat, Nitrit, Fosfat, Cadmium dan Timbal.

Peneliti Kelautan Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Udayana Ketut Sundra menyatakan walaupun kualitas air laut di 6 kawasan pantai tercemar, namun masih masuk dalam kategori tercemar ringan.

“Secara rata-rata masih masuk dalam kategori tercemar ringan dan sedang, itu karena bahan-bahan pencemar itu akan dapat terdegradasi menjadi bahan lainnya” jelas Ketut Sundra kepada Indosmarin.com di Denpasar.

Sundra menambahkan tercemarnya air laut di enam kawasan pantai wisata di Kabupaten Badung lebih dominan akibat pengelolaan limbah yang belum maksimal dari aktivitas pariwisata seperti hotel, restauran dan sarana olah raga bahari. Jika hal ini tidak segera ditangani maka di khawatirkan pencemaran air laut akan semakin parah.(Mul)

1 Komentar

  1. skylight
    skylight Agustus 01, 03:22

    hmm…prinsip ekonomi memang selalu bertentangan dengan kaidah konservasi yea…

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS