My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ekspor Produk Perikanan Indonesia ke Amerika Naik 27, 8 Persen

27 Mei
18:13 2008

Nalasrestha – indosmarin.com
Jakarta
– Ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika Serikat mengalami peningkatan sebesar 27,8 persen atau senilai US $ 264,3 juta pada periode Januari – Maret 2008. Dibandingkan periode yang sama pada 2007 yang mencapai nilai 206, 8 juta dollar Amerika, dengan pangsa pasar naik dari 6, 5 persen menjadi 8, 4 persen.
Dilihat dari jenis produk perikanan yang dominan dalam periode Januari – Maret 2008, adalah udang, yang mengalami kenaikan senilai 57, 7 persen dari nilai US $ 94, 2 juta menjadi US $ 148, 7 juta. Selain udang, ikan tuna pun mengalami kenaikan sebesar 20, 4 persen dari nilai US $ 32, 2 juta menjadi US $ 38, 8 juta. Sementara produk perikanan lainnya seperti fillet sebesar US $ 39, 5 juta, ikan beku sebesar US $ 7, 3 juta dan ikan kering sebesar US $ 4, 4 juta.
Dalam catatan Departemen Kelautan dan Perikanan RI, gambaran ekspor perikanan Indonesia ke Amerika pada 2007 mencapai US $ 690, 3 juta dari total realisasi ekspor nasional senilai US $ 2, 3 milyar. Sedangkan total sasaran ekspor perikanan 2008 sebesar US $ 2, 6 milyar.
Dalam siaran persnya, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) RI, menyebutkan bahwa tantangan pasar produk perikanan Indonesia ke Amerika dan dunia pada umumnya berupa persyaratan higienis dan sanitasi yang makin tinggi agar memenuhi standar kesehatan masyarakat.
Untuk menghadapi tantangan ini, DKP berharap agar produsen, nelayan, pembudidaya ikan, serta unit pengolahan ikan harus terus meningkatkan pengelolaan usaha mulai dari proses produksi hasil panen, pengolahan hingga pemasaran produk yang memenuhi standar keamanan pangan.
Untuk menyikapi tantangan ini, penerapan Good Aquaculture Practices (GAP) dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) perlu terus ditingkatkan. Selain itu, Pengawasan dan pengujian mutu hasil olah laboratorium bina mutu dan karantina ikan di pelabuhan-pelabuhan, juga perlu terus diperketat dan Traceability System juga terus dibangun(*)

1 Komentar

  1. afan sholeh
    afan sholeh Juli 27, 19:26

    informasi-informasi dalam dunia ekspor memang harus terus di publikasikan karna sangat baik untuk pengetahuan masyarakat guna terus berusaha ikut meningkatkan kualitas suatu produknya.

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS