My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Ekspedisi Nusa Penida untuk Bangun Database Terumbu Karang

11 Agustus
00:07 2008
Ekspedisi Nusa Penida untuk Bangun Database Terumbu Karang

Gentry Amalo – indosmarin.com

Sanur – Besarnya potensi wisata bahari di Bali, didukung oleh keberadaan terumbu karang yang tergaja baik. Melihat berbagai manfaat penting terumbu karang ini, maka Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (DPPK) Kabupaten Klungkung bekerjasama dengan Yayasan Bahtera Nusantara (YBN), Conservation International Indonesia (CII) dan The Nature Conservancy (TNC) – Nusa Penida Program, mengadakan Ekspedisi Terumbu Karang Nusa Penida 2008.

Adapun ekspedisi bersama ini bertujuan membangun database terumbu karang melalui survei terhadap distribusi dan kondisi terumbu karang seluruh perairan di Kecamatan Nusa Penida.

Menurut, Marthen Welly – TNC Project Leader untuk Nusa Penida mengatakan bahwa “Ekspedisi ini akan mencakup sekitar 1200 hektar terumbukarang di perairan Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan”.

“Kawasan ini sangat potensial dikembangkan menjadi kawasan konservasi laut (KKL) guna melestarikan terumbu karang dan biota laut penting lainnya seperti mola-mola, pari manta dan penyu sebagai aset penting pariwisata bahari” ujar Marthen.

Sementara, Iwan Dewantama, Koordinator Conservation International Indonesia (CII) untuk Nusa Penida menambahkan “Walaupun memiliki luas sekitar 20.000 hektar, namun Nusa Penida memiliki ekosistem pesisir yang lengkap seperti terumbu karang, hutan bakau dan padang lamun”. Lebih lanjut Iwan mengatakan ”Database merupakan salah satu instrumen penting dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut di Nusa Penida”.

Untuk diketahui, Kecamatan Nusa Penida terdiri dari tiga pulau utama yaitu Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Berada dibawah administrasi Kabupaten Klungkung dengan penduduk sekitar 4000 jiwa yang mendiami 16 desa dinas. Mata pencaharian utama di Nusa Penida adalah pertanian rumput laut dan pariwisata bahari(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS