My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dua Aktifis “Aliansi Manado” Ditangkap Polisi

11 Mei
11:30 2009
Dua Aktifis “Aliansi Manado” Ditangkap Polisi

aliansi-manadoManado – Aparat keamanan yang sedang bertugas mengamankan jalannya World Ocean Conference (WOC) 2009, melakukan penangkapan atas dua aktifis Aliansi Manado, saat sedang melakukan aksi unjuk rasa di Pantai Malalayang, Manado, Senin (11/5).

Menurut Luluk Uliyah, Juru Bicara Aliansi Manado, kedua rekan mereka yang ditangkap bernama Berry Nahdian Furqon dan Erwin Usman. Berry adalah direktur Wahana Lingkungan Hidup (WALHI).

Menurut Luluk, sebelum ditangkap, keduanya bergabung dalam aksi solidaritas menyambut kedatangan nelayan pesisir yang bergabung bersama Aliansi Manado yang sedang menggelar Zona Kebebasan dan Demokrasi di Pantai Malalayang.

“Keduanya ditangkap sekitar pukul 11.00 WITA. Saat keduanya bersama-sama Aliansi Manado mengikuti aksi unjuk rasa menyambut kedatangan ratusan nelayan Sulawesi Utara.” papar Luluk Uliyah

“Tujuan aksi ini untuk mengingatkan agar para peserta forum World Ocean Conference (WOC) – Coral Triangle Initiative (CTI) 2009, tidak mengambil kebijakan yang mengancam dan merugikan nelayan tradisional dan kelautan.” imbuh Luluk.

Menurut Luluk,  selama aksi berlangsung, ratusan polisi terus melakukan intimidasi untuk memaksa para peserta aksi berhenti menyanyikan lagu-lagu tradisional nelayan.

“Prinsip-prinsip demokrasi dan kebebasan berpendapat dilanggar.” kecam Luluk.

Untuk diketahui, Aliansi Manado merupakan aliansi organisasi nelayan  dan masyarakat sipil lokal, nasional dan internasional yang bertujuan memberi informasi aktual seputar masalah-masalah nelayan dan kelautan, pentingnya kelestarian ekosistem laut serta solidaritas dan hak-hak nelayan.(Gen)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *