My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dua ABK Costa Concordia Asal Indonesia Dirawat

16 Januari
16:32 2012
Dua ABK Costa Concordia Asal Indonesia Dirawat

Costa Concordia

Jakarta – Dua warga negara Indonesia yang bekerja sebagai awak kapal Costa Concordia, kapal pesiar yang kandas setelah menabrak karang di perairan Mediterania, Italia, Jumat (13/1) lalu, sekarang masih dirawat di rumah sakit di negara itu.

“Keduanya dirawat di rumah sakit San Giovanni di Dio di Orbetello, di Provinsi Grosetto, Italia. Dua WNI tersebut adalah Kadek Agus Wijaya dan I Nyoman Juniarta. Agus sudah diizinkan dokter meninggalkan rumah sakit sementara Nyoman Juniarta dirujuk ke rumah sakit di Vienna,” kata juru bicara Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Musurifun Lajawa, Senin (16/1).

Kepada AntaraNews.com Musrifun menegaskan bahwa pihak perusahaan yang membawahi ABK tersebut memberi komitmen akan membantu memulangkan para ABK ke Indonesia. Musrifun juga meminta perusahaan itu untuk memberikan hak gaji para ABK sebelum dipulangkan ke tanah air.

KBRI di Roma juga akan memberikan kemudahan bagi para WNI yang selamat dengan membantu proses pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

“Mereka banyak kehilangan paspor, jadi kita akan membantu pengurusan SPLP,” kata Musrifun.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia menyatakan bahwa terdapat 170 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal Costa Concordia.

“Semuanya selamat dan 40 penumpang yang dikabarkan hilang bukan WNI,” demikian pernyataan pers yang diterima, Senin pagi.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Priyo Iswanto mengatakan wakil dari perusahaan yang mempekerjakan 170 WNI tersebut, Brancaleoni, memberi informasi bahwa 40 penumpang yang belum ditemukan telah dipastikan tidak ada yang berkewarganegaraan Indonesia.

KBRI Roma juga telah bekerja sama dengan pejabat pemerintah setempat dan berhasil mengidentifikasi 80 ABK WNI di tiga hotel di kota Grosseto, Italia, antara lain Hotel Leopoldo Grosseto (35 orang), Hotel Nuovo Grosseto (33 orang), Hotel Fattoria la Principina (12 orang). Sementara tiga ABK lagi masih berada di sebuah hotel yang belum diketahui namanya di Kota Grosseto.

Kapal Pesiar Costa Concordia, Jumat malam (13/1), menabrak karang hingga mengakibatkan lambung kapal robek sepanjang 70 meter. Kapal tersebut setengah tenggelam di perairan dangkal di dekat Pulau Giglio, sebuah tempat wisata yang berada 25 kilometer di lepas pantai Italia barat.

Saat kecelakaan terjadi, kapal yang memiliki panjang 290 meter itu sedang mengangkut lebih dari 4.200 penumpang dari 60 negara dan wilayah.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS