My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

DPL Tejakula Terbentuk Atas Keinginan Nelayan Setempat

25 Agustus
12:12 2009
DPL Tejakula Terbentuk Atas Keinginan Nelayan Setempat

img0100aTejakula – Daerah Perlindungan Laut (DPL) Tejakula yang diresmikan Pemerintah Kabupaten Buleleng, Selasa (25/8) siang, telah menjadikan Kabupaten Buleleng sebagai satu-satunya kabupaten di Indonesia yang secara aktif dan terus menerus membangun kawasan konservasi skala mikro, bagi kelestarian terumbu karang dan biota laut lainnya di kawasan pesisirnya.

DPL Desa Tejakula ini akan menjadi bagian dari jaringan DPL yang direncanakan mencakup wilayah-wilayah desa sepanjang pantai Kecamatan Tejakula.

Terbentuknya DPL Tejakula ini tidak lepas dari upaya masyarakat nelayan setempat yang mulai sadar akan pentingnya sebuah kawasan penangkapan ikan yang sehat, lestari dan berkelanjutan. Keinginan masyarakat nelayan di Tejakula ini muncul setelah melihat keberhasilan pengelolaan DPL di desa tentangga mereka yakni di Desa Bondalem dan Desa Les.

Direktur Eksekutif Yayasan Reef Check Indonesia, Naneng Setiasih, kepada Indosmarin.com mengatakan bahwa konsep dasar dari pembentukan DPL ini adalah membentuk daerah tabung bagi perairan di wilayah Tejakula dan sekitarnya.

“Inisiatif terbentuknya DPL ini atas keinginan masyarakat sendiri, yang sudah mulai sadar akan pentingnya sebuah kawasan penangkapan ikan yang berkelanjutan. Bagi kami, hal ini adalah sesuatu yang luar biasa,” papar Naneng.

“Besarnya porsi yang diambil masyarakat lokal dalam proses terbentuknya usaha konservasi skala mikro ini. Mulai dari inisiasi, proses pengambilan keputusan hingga pembiayaan adalah murni kolaborasi dan usaha dari seluruh komponen masyarakat” imbuh Naneng seraya menjelaskan bahwa Reef Check Indonesia hanya menjadi fasilitator.

DPL yang terdiri atas beberapa zona ini, difungsikan sebagai daerah larang ambil yang diharapkan menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya, yang diharapkan dapat menjadi daerah penyuplai  atau spill over bagi perairan sekitarnya.(Gen)

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS