My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

DPD RI Minta Pelindo II Padang Kembangkan Pelabuhan Teluk Bayur

13 Agustus
07:30 2012
DPD RI Minta Pelindo II Padang Kembangkan Pelabuhan Teluk Bayur

Padang – PT Pelindo II Padang, Sumatera Barat diminta untuk mengembangkan pelabuhan Teluk Bayur agar lebih besar dari yang ada sekarang ini.

“Sudah sepantasnya Teluk Bayur di perbesar dan di kembangkan dimana merupakan, pelabuhan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Sumbar dan Sumatera bagian Barat,” kata Ketua DPD-RI Irman Gusman di Padang, Senin (13/8).

Menurutnya, bila pelabuhan Teluk Bayur diperbaiki dan dikembangkan, kapal yang sandar makin nyaman. Eksportir makin guat lantaran tak perlu khawatir ketiadaan kapal.

“Tapi terus terang tentu saja pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur membutuhkan kebersamaan agar pelaksanaannya sesuai harapan,”katanya.

Bagi Pelindo II sebagai BUMN yang mengelola jasa kepelabuhan, tambah Irman Gusman pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur sudah sebuah keharusan, dari pertumbuhan dan kondisi hari ini yang hampir 70 persen kapal waktunya habis menunggu antrian bongkar muat di Teluk Bayur.

Dia mengatakan, Pantai Barat Sumatera, Pelabuhan Teluk bayur merupakan gerbang perekonomian Indonesia bagian barat.menuju tujuan ekspor dari Sumbar yakni India, serta Timur Tengah.

“Dimana dua negara itu merupakan pusat pertumbuhan perekonomian masa depan di samping dari negara China,”katanya.

Menurutnya, PT Pelindo II juga dapat manfaat yakni bertambahkan perusahaan pengguna jasa pelabuhan atau setidaknya jasa yang dibutuhkan makin besar lalu tentu berdampak pada berkembangnya PT Pelindo II. Dan itu artinya juga makin berkembang pula Teluk Bayur. Dengan demikian jawaban bahwa mana yang dulu ayam atau telur tadi bisa sedikitnya terjawab.

“Bila pelabuhan diperbaiki dan dikembangkan, kapal yang sandar makin nyaman. Eksportir makin guat lantaran tak perlu khawatir ketiadaan kapal,”kata Irman Gusman.

Tidak saja Pelabuhan Teluk Bayur dikembangkan lanjutnya namun juga infrastruknya harus dalam bentuk bangunan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan selaku penyedia jasa dan jantungnya perekonomian yang meruupakan unsur menunjang kemampuan nasional.

“Pelabuhan Teluk Bayur tidak hanya kepentingan satu dua pihak tetapi amat penting bagi pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat,” kata Irman Gusman.(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS