My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

DKP, Permukaan Air Laut Terus Naik Setiap Tahunnya

27 Oktober
12:14 2009
DKP, Permukaan Air Laut Terus Naik Setiap Tahunnya

rtrwbaliDenpasar – Berdasarkan hasil pemantauan Departemen Kelautan dan perikanan (DKP) rata-rata tingkat kenaikan permukaan air laut di pesisir wilayah Indonesia mencapai 5-10 mm pertahun. Kenaikan permukaan air laut ini dipastikan bukan semata-mata akibat dampak perubahan iklim.

Hasil kajian DKP selain dampak perubahan iklim terdapat beberapa faktor penyebab kenaikan air laut yaitu pemanfaatan air bawah tanah yang berlebihan, konsolidasi tanah yang labil, beban bangunan terhadap tanah dan gerak tektonik lapisan bumi.

Kepada Indosmarin.com, Direktur Pesisir dan Lautan Direktorat Jenderal Kelautan Perikanan dan Pulau-pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan Subandono Diposaptono mengatakan kenaikan permukaan air laut yang paling parah terjadi di pantai utara Jawa.

”Kalau bukan akibat ulah manusia itu mencapai 7 mm pertahun untuk Semarang dan Jakarta, Kalau ini tidak ada upaya pencegahan akan merangsek ke darat sampai 30 kilometer” ujar Subandono Diposaptono yang ditemui disela-sela Semiloka Nasional Tentang Adaptasi Perubahan Iklim.

Selanjutnya Subandono Diposaptono menyebutkan bahwa akibat kenaikan permukaan air laut ini tercatat sebanyak 24 pulau-pulau kecil di Indonesia telah tenggelam.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS