My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dirpolair Polda Bali Berhasil Gagalkan Penyelundupan Penyu Hijau

31 Mei
18:39 2008
Dirpolair Polda Bali Berhasil Gagalkan Penyelundupan Penyu Hijau

Gentry Amalo-Indosmarin.com

Kedonganan – Tujuh ekor penyu hijau atau Chelonia mydas yang diselundupkan dari Pulau Jawa, berhasil diselamatkan Direktorat Polisi Perairan Polda Bali dari tangan nelayan di sekitar perairan Kedonganan, Kuta, Bali.

Direktur Polisi Perairan Polda Bali, AKBP Oka C. Hendrana, mengatakan bahwa ketujuh ekor penyu hijau ini disita dari sebuah kapal nelayan tradisional milik Made Darmawan dan Made Darsana. Kedua nelayan asal Bali ini, menyelundupkan penyu dengan cara menyembunyikannya di bawah tumpukan ikan segar agar tidak terlihat.

Oka menambahkan bahwa keberhasilan kerja polisi ini berkat laporan masyarakat yang mengetahui perbuatan kedua tersangka. Petugas Polair Polda Bali yang mendapat laporan masyarakat kemudian mengadakan patroli di sekitar perairan Kedonganan untuk mencari ciri-ciri perahu yang dimaksud dalam laporan ini. Tak lama kemudian petugas pun berhasil menemukan perahu yang dimaksud dan saat disergap petugas, keduanya tidak dapat berkutik. Menurut Oka, modus operandi menyembunyikan penyu dibawah tumpukan ikan yang digunakan kedua tersangka ini tergolong baru.

Dari hasil pemeriksaan sementara kedua tersangka mengaku akan membawa ketujuh ekor penyu hijau ini untuk dijual kepada seorang penadah di Tanjung Benoa- Kuta Selatan. Demi mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka pelaku penyelundupan satwa yang paling dilindungi ini kemudian ditahan di Mapolair Polda Bali, untuk menjalani pemeriksaan. Adapun ketujuh ekor penyu hijau ini kemudian disita dan dilepaskan kembali di Pantai Kuta(*)

Share

1 Komentar

  1. Novi
    Novi Mei 14, 16:06

    Hebbaaatt…tindakan tegas terhadap penyelundupan binatang langka dan lucu spt ini harus terus dilakukan…

    Save our Chelonia Mydas!!!

    Terima kasih pada Polisi Perairan Polda Bali
    Novi

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS