My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dipertanyakan Penitipan Penyu Sitaan di Taman Penyu Serangan

20 Juli
11:11 2009
Dipertanyakan Penitipan Penyu Sitaan di Taman Penyu Serangan

seranganpenyu001Serangan – Proses penangkapan terhadap pelaku penyelundupan 42 ekor penyu di Seririt Singaraja berbutut panjang. Beberapa aktivis pencinta satwa mempertanyakan keberadaan ke-42 ekor penyu tersebut. Para aktivis bahkan meragukan atas proses hukum dari penyelundupan penyu tersebut.

Pada satu sisi secara logika penyu-penyu tersebut harusnya dilepas kembali ke habitatnya. Namun kenyataanya penyu tersebut dibawa ke Pulau Serangan, Denpasar. Kondisi yang lebih mengagetkan lagi adalah penyu-penyu tersebut menurut informasi dititipkan pada salah satu Taman Penyu di Pulau Serangan-Denpasar.

Aktivis pencinta satwa, I Made Jaya Ratha kepada Indosmarin.com saat ditemui di Pulau Serangan, Senin (20/7) siang menyatakan kecewa atas kondisi ini. Petugas  harusnya serius untuk melakukan penegakan hukum, dimana penyu tersebut harusnya segera dilepas.

“Tidak ada alasan untuk menitipkan penyu, apalagi pada Taman Penyu, belum lagi keberadaan penyu tersebut kini tidak jelas” ujar mahasiswa Pascasarjana Ilmu Lingkungan UNUD ini.

Jaya mengakui sampai saat ini perdagangan penyu di Bali masih tetap terjadi dan lebih cendrung dengan alasan upacara agama atau adat. Jaya berharap pemerintah melakukan penertiban terhadap taman-taman penyu yang ada di Bali. Apalagi selama ini taman-taman penyu tersebut berkedok konservasi tetapi tidak memiliki ijin.(Mul)

Tags
Share

1 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS