My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Di Tiongkok, Presiden Akan Tinjau Pelabuhan dan Pembangkit Tianjin

 Breaking News
09 November
16:43 2014
Di Tiongkok, Presiden Akan Tinjau Pelabuhan dan Pembangkit Tianjin

Beijing – Presiden Joko Widodo Minggu sore waktu setempat dijadwalkan meninjau proyek pembangkit listrik dan pelabuhan di Tianjing, Tiongkok. Peninjauan itu dilakukan di sela-sela rangkaian pertemuan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing.

“Intinya yang ingin dilihat adalah integritas antara pembangkit energi dan pelabuhan,” kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Andi Wijayanto menambahkan bahwa upaya ini selaras dengan prioritas pembangunan pemerintahan Presiden Jokowi yaitu maritim dan tol laut, infrastruktur, kereta api, serta pangan dan energi.

Sementara itu Menlu Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa perjalanan ke Tianjin akan ditempuh dengan menggunakan kereta api cepat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit.

Tianjin adalah salah satu dari empat kota setingkat provinsi di Tiongkok selain Beijing, Shanghai dan Chongqing.

Kota yang berpenduduk 14,1 juta orang itu menurut data 2012 memiliki industri utama antara lain di bidang petrokimia, tekstil, mobil dan besi.

Pelabuhan Tianjin juga merupakan pelabuhan terbesar di kawasan utara Tiongkok dan merupakan pintu akses maritim terpenting bagi Beijing.

Dengan luas daratan 121 km persegi, pelabuhan Tianjin adalah “man-made port” terbesar di Tiongkok.

Pada tahun 2013 pelabuhan Tianjin menangani kargo sejumlah 500 ton dan kontainer sebanyak 13 juta TEU yang menjadikannya sebagai pelabuhan dengan aktivitas keempat terbesar di dunia dan pelabuhan kontainer kesembilan terbesar di dunia.

Pelabuhan Tianjin menghubungkan Tiongkok dengan lebih dari 600 pelabuhan di 180 negara di dunia.

Sementara itu Tianjin Beijiang Power Plant adalah pembangkit listrik bertenaga batu bara dengan kapasitas 2.000 megawatt yang dibuka pada 2009 dan berlokasi di Hangu Subdistrik, Binhai New Area.

Pembangkit listrik itu adalah salah satu sumber tenaga bagi Tianjin terutama kawasan Binhai New Area.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok pekan ini, 8–11 November, untuk menghadiri pertemuan puncak Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).(Ant)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS