My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dewaruci dan Dewantara Kunjungi Papua Barat

25 Juli
01:41 2008
Dewaruci dan Dewantara Kunjungi Papua Barat

Dispenarmatim – indosmarin.com

Manokwari – Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang tengah sandar di Dermaga Umum Manokwari, yaitu KRI Dewaruci dan KRI Ki Hajar Dewantara-364 dikunjungi ratusan pelajar. Dengan penuh antusias, para pelajar ini menaiki geladak kapal dan melihat secara langsung ruang-ruang kapal sambil berdesak-desakan sesama pengunjung lain (25/7).

Kedatangan kedua kapal tersebut ke Manokwari dalam rangka melakukan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) ke berbagai kota di tanah air. Sebelumnya, Satgas KJK tahun 2008 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) M. Setadiono R yang juga merangkap sebagai Komandan KRI Ki Hajar Dewantara, singgah di Jayapura, Tual, Kupang dan Surabaya.

KRI Dewaruci dan KRI Ki Hajar Dewantara – 364 merapat di Manokwari, setelah mengarungi lautan selama 24 hari. Kedatangan kapal latih yang membawa 157 kadet AAL tingkat II Angkatan ke-55 disambut Kafasharkan Manokwari Kolonel Laut Tri Sunu di pelabuhan Biryosi Fash, Manokwari bersama sejumlah pejabat militer dan sipil setempat.

Kapal Latih yang pelayarannya kerap disebut pelayaran astronomi karena hanya dilengkapi peralatan navigasi sederhana dan manual, benar-benar antik karena disamping bentuknya yang unik, juga tidak memiliki peralatan navigasi canggih.

Menurut Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Akmal, saat kapal berlayar, menentukan arah tujuan pelayaran hanya mengandalkan bintang di langit. “Tidak ada navigasi yang canggih seperti kapal lainnya. Jadi kapal Dewaruci benar-benar untuk kapal latih dengan peralatan yang sangat sederhana,”ujarnya.

Sedangkan KRI Ki Hajar Dewantara-364 justru sebaliknya, dilengkapi peralatan serta alat navigasi yang canggih, sehingga memudahkan bagi awaknya dalam melakukan pelayaran.

Komandan Satgas Kartika Jala Krida 2008 Letkol Laut (P) M. Setiadiono R. yang mengatakan kunjungan Kadet AAL ke Manokwari mempunyai dua tujuan, yaitu: membekali calon para perwira muda agar mengetahui dan memahami salah satu wilayah NKRI di bagian timur, sehingga saat menjadi perwira bisa menyesuaikan dengan budaya masyarakat setempat, kedua kami berharap masyarakat Papua Barat bisa lebih mengerti dan bisa lebih mendalami bagaimana TNI AL itu, sehingga diharapkan ada yang punya cita cita ingin menjadi TNI AL untuk mengawal perairan Nusantara yang begitu luas ini.

Selama singgah di Manokwari, Papua Barat, akan dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya Kunjungan Kehormatan kepada pejabat Muspida setempat, kirab kota dengan menampilkan atraksi display Drum Band Kadet AAL, Reog Ponorogo oleh Kadet AAL dan marcing Band oleh unsur militer, Polri unsur Maritim dan beberapa sekolah. Kegiatan lainnya adalah melakukan kunjugan Kadet ke SMUN I dan II Manukwari dan beberapa sekolah lainnya untuk memperkenalkan TNI AL.(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS