My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni Rusak Parah

 Breaking News
14 November
01:56 2015
Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni Rusak Parah

Merak – Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan di Bakauheni, Lampung, mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa digunakan untuk bongkar muat kapal roll on roll off (roro).

Akibatnya, Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Merak pun terkena imbas kerusakan dermaga itu dan ikut tidak beroperasi.

Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Merak Endi Suprasetyo mengatakan, Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni sudah tidak layak digunakan, karena banyak fasilitas yang sudah rusak. Keberadaaan dermaga yang rusak itu dikhawatirkan membahayakan keselamatan kapal roro.

“Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni berdasarkan hasil rekomendasi konsultan, sudah tidak layak lagi, karena ada beberapa fasilitas yang sudah roboh. Kalau dipaksakan untuk digunakan dapat membahayakan keselamatan, terutama kalau terjadi cuaca buruk,” katanya kepada wartawan, Jumat (13/11).

Endi menjelaskan bahwa kondisi kerusakan itu sudah lama terjadi, namun karena banyaknya aktivitas pada tahun 2015 ini, Dermaga IV itu terpaksa digunakan. Meski digunakan, kapal-kapal yang masuk ke Dermaga IV dibatasi.

“Selama ini memang terpaksa digunakan. Itu pun kita batasi dengan kapal-kapal kecil, sekedar sebagai penunjang saja.Namun dengan adanya kesiapan Dermaga VI, maka Dermaga IV akan dilakukan perbaikan hingga dinyatakan layak,” ujarnya.

Edi menegaskan, tidak digunakannya Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni mendapatkan dukungan dari operator dermaga. Sebab, hal itu dilakukan guna memberikan kenyamanan dan keselamatan pelayaran.

“Untuk Dermaga IV Pelabuhan Merak sejauh ini masih layak digunakan. Kita juga sudah layangkan surat namun belum ada tanggapan. Namun sejauh ini mereka sepakat untuk diperbaiki karena demi keselamatan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Bakauheni, Lampung Sunaryo membenarkan kondisi kerusakan parah yang terjadi pada Dermaga IV Pelabuhan Bakauheni sehingga tidak lagi digunakan untuk bongkar muat kapal.

“Tidak ditutup. Tapi pihak ASDP telah memberitahukan agar dermaga itu tidak digunakan,” katanya.

Menurut Sunaryo, dengan ditutupnya Dermaga IV Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni itu, berimbas pada berkurangnya jumlah dermaga yang beroperasi dan adanya pengurangan kapal yang beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni.(BeritaSatu.com)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *