My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Denpasar Ingin Kembalikan Pulau Serangan Sebagai Pulau Penyu

14 November
10:52 2013
Denpasar Ingin Kembalikan Pulau Serangan Sebagai Pulau Penyu

Denpasar– Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar menargetkan segera mengembalikan kembali identitas Pulau Serangan sebagai pulau penyu.

Untuk itu, salah satu langkah yang dilakukan adalah menjadikan Pulau Serangan sebagai pulau konservasi penyu.

“Program konservasi penyu di Pulau Serangan ini terkait upaya penyadaran dan pendidikan kepada masyarakat bahwa populasi penyu saat ini sudah dalam kondisi terancam punah,” papar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Denpasar, Anak Agung Bagus Sudarsana.

Menurut Sudarsana, Pulau Serangan dikenal sebagai obyek wisata karena keberadaan penyu sebagai daya tarik wisata.

“Bagaimana pun juga Pulau Serangan ini terkenal dengan penyu-nya dulu, kalau itu hilang itu kan jati dirinya akan hilang juga,” ujar Sudarsana saat ditemui Indosmarin.com, disela acara Festival Pesona Pulau Serangan, Kamis (14/11). Untuk pihaknya telah bekerjasama dengan BKSDA Jawa Timur.

“BKSDA Jawa Timur selama tiga tahun berturut-turut sudah memberi dan mengirimkan penyu dari situ karena disitu over populasi, kita hampir setiap tahun diberikan 400 ekor,” ungkap Sudarsana.

Sudarsana juga mengatakan Pemkot Denpasar bersama masyarakat Pulau Serangan juga secara bertahap akan melakukan konservasi terhadap habitat penyu, sehingga pulau serangan kembali menjadi tempat bertelurnya penyu.

Untuk diketahui, pada tahun 1970, Pulau Serangan disebut sebagai Pulau Penyu karena banyaknya populasi penyu di Pulau Serangan.(Mul)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *