My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Denjaka Lumpuhkan Pembajak Kapal Tanker Pertamina

21 Desember
18:11 2008
Denjaka Lumpuhkan Pembajak Kapal Tanker Pertamina

Dispenkormar – Indosmarin.com

Jakarta – Pasukan elite TNI AL Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Minggu siang (21/12) berhasil melumpuhkan kawanan teroris yang membajak kapal tanker Sele Pertamina yang sedang lego jangkar di perairan Teluk Jakarta.

Aksi satuan elite TNI AL ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan latihan anti teror dengan sandi ”Waspada Nusa” yang melibatkan satuan-satuan anti teror TNI dan Polri.

Dalam latihan di perairan Teluk Jakarta ini, diskenariokan kapal tanker Sele Pertamina dibajak kawanan teroris pimpinan Abu Tenggulum dengan 7 orang anak buahnya.

Para teroris ini menuntut pembebasan sejumlah tahanan politik dan minta tebusan 1 Trilyun. Negosiasi terus dilakukan pihak pemerintah lewat staf Kepresidenan dengan pihak teroris. Saat negosiasi ini dilakukan, pemerintah RI telah menyiapkan satuan anti teror Denjaka untuk melakukan serbuan dadakan dalam rangka pembebasan kapal tanker Sele Pertamina itu.

Pada Hari H dan Jam J yang telah ditentukan, pasukan Denjaka TNI AL pun segera dikerahkan ke sasaran. Dalam proses pelumpuhan para teroris ini, pasukan Denjaka TNI AL membagi kekuatannya menjadi 5 tim serbu yakni tim Kelompok Komando (Pokko), Alfa, Bravo, Charlie dan Delta. Saat serbuan, 3 tim menggunakan Sea Rider dengan kecepatan tinggi merapat ke lambung kapal yakni tim Pokko dan Bravo merapat dari lambung kanan tanker, tim Alfa dari lambung kiri. Sedangkan tim Charlie merapat lewat terjun tempur di atas kapal disusul tim Delta yang merapat lewat fast rope.

Setelah masuk ke kapal, 5 tim Denjaka tersebut langsung melaksanakan serangan dadakan dengan melakukan pertempuran jarak dekat dengan para teroris. Dari pertempuran ini, 7 orang teroris tercatat berhasil dilumpuhkan sedangkan seorang lainnya dijadikan tawanan yang seterusnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk penyelesaian hukum lebih lanjut.

Latihan pembebasan kapal Sele Pertamina tersebut disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy P., Wakasal, para Panglima Kotama TNI AL dan pejabat teras TNI, TNI AL dan juga Polri(*)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS