My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Deklarasi Juanda WANADRI Jelajahi 92 Pulau Terluar

08 Mei
11:30 2008

Jakarta, Terkait satu abad Kebangkitan Nasional 20 Mei tahun ini dan 50 tahun Deklarasi Juanda pada Desember 2007 lalu, Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung WANADRI bersiap menjelajahi 92 pulau terluar Republik Indonesia. Selain untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa, ekspedisi pelayaran bertajuk Garis Depan Nusantara ini juga melakukan studi serta penelitian tentang kondisi ekonomi, sosial dan budaya pulau-pulau terluar Indonesia ini.

Selama ekspedisi ini, WANADRI menggunakan KM Deklarasi Juanda. Kapal yang memiliki bobot 40 DWT ini dapat berlayar hingga kecepatan 16 km per jam. Pemberian nama kapal dengan “Deklarasi Juanda” menurut Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, untuk mengingatkan kita pada semangat persatuan, kesatuan dan integritas bangsa melalui laut. “Deklarasi Juanda, merupakan kebangkitan bagi teritori kelautan Indonesia,” katanya dalam pidato pelepasan tim ekspedisi ini di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara.

Saat melepas rombongan ini Jusman Syafii juga sempat menyiram air doa kepada 14 anggota tim ekspedisi yang akan berlayar ke wilayah barat Indonesia untuk menjelajah 34 pulau. Sebagai titik awal tim ekspedisi akan berlayar ke Pulau Batu Kecil di Lampung dan ditutup ke Pulau Natuna.

Sementara, Ipung, Ketua Eksternal Ekspedisi WANADRI mengatakan bahwa ekspedisi ini diperkirakan akan berlangsung satu tahun penuh, dengan perkiraan biaya mencapai lima miliar rupiah. Ipung menjelaskan bahwa dana sebanyak ini selain untuk menunjang operasional tim ekspedisi juga untuk melakukan penelitian yang hasilnya akan dibukukan. Menurut Ipung, khusus untuk membuat puluhan buku dalam ekspedisi itu membutuhkan dana berkisar antara satu setengah hingga dua miliar rupiah.

“Saat ini WANADRI baru memperoleh dana yang hanya cukup untuk menjelajahi sekitar 34 pulau. Untuk itu, kami masih membutuhkan bantuan dari berbagai pihak guna menyelesaikan program ini.” ujarnya(*)

Sumber Photo : Kompas.Com

Share

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS