My title page contents

Majalah Diving dan Kelautan Indonesia

Danguskamlabar: Ancaman Sektor Maritim Terus Berkembang

 Breaking News
26 Juli
17:09 2017
Danguskamlabar: Ancaman Sektor Maritim Terus Berkembang

Pontianak – Komandan Gugus Keamanan Laut Armada RI Kawasan Barat (Danguskamlabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) mengingatkan ancaman di sektor maritim yang terus berkembang tidak hanya polemik yang sifatnya tradisional.

“Tidak hanya yang bersifat tradisional seperti kewilayahan, tetapi juga ancaman lain seperti pelaku kriminal pembajakan, perompakan, penyelundupan obat-obatan, terorisme dan pencurian ikan,” kata Bambang Irwanto saat silaturahim dengan unsur maritim Kalimantan Barat di Pontianak, Rabu.

Menurutnya sektor maritim Indonesia memiliki alur strategis ekonomi dunia. Sejumlah jalur-jalur perdagangan internasional yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, melewati Indonesia.

Salah satunya Alur Laut Kepulauan Indonesia I yang berada di wilayah Kawasan Armada Barat TNI AL seperti Karimata dan Selat Malaka.

“Kalau ada hambatan di jalur ini, maka kehidupan ekonomi juga bakal terhambat,” ujar dia.

Untuk itu, kata Bambang, diperlukan sinergi dan komitmen dari semua pihak dalam menjaga keamanan di sektor maritim Indonesia. Indonesia juga menjalin kerja sama dengan pihak lain terkait keamanan di jalur-jalur maritim tersebut.

“Termasuk memperhatikan berbagai peraturan di maritim internasional,” kata Bambang kepada AntaraNews saat ditemui diatas KRI Barakuda-633 yang sedang sandar di pelabuhan Pontianak dalam rangkaian melaksanakan kegiatan operasi Walya Udhaya 2017.

Operasi keamanan laut tersebut dilaksanakan di perairan yuridiksi nasional Indonesia wilayah Barat untuk menangkal dan menindak pelanggaran hukum serta menjaga keamanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.(AntaraNews)

0 Komentar

Tidak ada Komentar!

Jadilah orang pertama yang memberi komentar.

Beri Komentar

Beri Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Subscribe via RSS